Gunung Kerinci Waspada, Warga Diimbau Menjauh

Gunung Kerinci Waspada, Warga Diimbau Menjauh

Metroterkini.com - Gunung Kerinci berstatus waspada setelah sempat mengeluarkan abu vulkanik sejak dini hari. Warga diimbau tetap tenang dan tak beraktivitas di radius 3 Km dari kawah.

"Masyarakat juga diminta untuk tetap tenang dan tidak mudah terpancing dengan isu-isu letusan. Diharap selalu mengikuti arahan dari BPBD setempat," kata Kepala Biro Humas dan Protokoler Setda Pemerintah Provinsi Jambi, Johansyah, Sabtu (29/9/2018) malam.

Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) Kementerian ESDM menyatakan sempat sempat terjadi gempa vulkanik dangkal di sekitar Gunung Kerinci. Warga diminta menjauh dari kawah sebagai langkah pencegahan.

Sebelumnya, Gunung Kerinci, Jambi, disebut mengalami erupsi sejak Sabtu (29/9) dini hari dengan mengeluarkan abu vulkanik. Hal itu berdasarkan informasi yang diperoleh dari Stasiun Meteorologi Kelas I Sultan Thaha BMKG Jambi, abu vulkanik terlihat sejak Sabtu (29/9/2018) pukul 01.30 WIB dini hari.

"Berdasarkan Sigmet dan VAAC, teramati erupsi abu vulkanik Gunung Kerinci pada lapisan permukaan dengan ketinggian mencapai 1.400 m disertai kecepatan 5 knot. RGB Citra Satelit cuaca Himawari diperbarui sekitar pukul 10.30 WIB hingga siang ini abu vulkanik tidak terdeteksi karena wilayah gunung Kerinci tertutup awan," tulis BMKG dalam keterangan tertulis. [***]

 

Berita Lainnya

Index