Lima Anak Mantan Presiden RI Bersaing Ikut Caleg

Sabtu, 22 September 2018 - 00:58:34 WIB
Share Tweet Google +

loading...

Metroterkini.com - Lima anak mantan Presiden RI bersaing sebagai calon legislatif (caleg) di Pemilu 2019. Kelimanya bertarung untuk memperebutkan kursi DPR RI di sejumlah daerah pemilihan (dapil). 

Lima caleg anak mantan presiden itu adalah putri sulung Presiden RI ke-5 Megawati Soekarno Putri, Puan Maharani, yang maju sebagai caleg PDI Perjuangan. 

Puan bersaing dengan sejumlah petahana dari beberapa partai, seperti Mohamad Toha dari Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Bambang Riyanto dari Partai Gerindra, dan Endang Srikarti Handayani dari Partai Golkar. 

Sementara itu, putri keempat mantan Presiden RI ke-2, Siti Hediati Soeharto atau Titiek Soeharto, juga maju sebagai caleg lewat Partai Berkarya. Titiek merupakan petahana yang sebelumnya maju dari Partai Golkar. 

Pada Pemilu 2019, ia maju di Dapil Dareah Istimewa Yogyakarta (Yogyakarta), bersaing dengan sejumlah petahana, seperti Hanafi Rais dari Partai Amanat Nasional (PAN), Roy Suryo dari Partai Demokrat, dan Idham Samawi dari PDI Perjuangan. 

Putra bungsu Presiden pertama RI Guruh Soekarnoputra juga maju sebagai caleg dari PDI-P. Sebelumnya, Guruh juga telah menjabat sebagai anggota DPR Komisi X. 

Guruh maju di Dapil Jatim VI, bersaing dengan sejumlah petahana seperti Vena Melinda dari Partai Nasdem, Ahmad Rizki Sadig dari PAN, dan Sarmuji dari Partai Golkar. 

Selain itu, putra kedua Presiden RI ke-6, Edhie Baskoro Yudhoyono atau Ibas juga maju sebagai caleg lewat Partai Demokrat. Ketua Fraksi Partai Demokrat itu maju di Dapil Jatim VII, bersaing dengan Johan Budi yang merupakan Staf Khusus Presiden sekaligus kader PDI Perjuangan, Gatot Sudjito Golkar, dan Debby Rhoma Irama yang juga merupakan putri pedangdut Rhoma Irama dan kader PAN. 

Terakhir, putra kelima Presiden RI ke-2 Soeharto, Hutomo Mandala Putra alias Tommy Soeharto, maju sebagai caleg Partai Berkarya. 

Tommy yang juga menjabat sebagai Ketua Umum Partai Berkarya, maju di Dapil Papua, bersaing dengan petahana Willem Wandik Partai Demokrat, Kamarudin Watubun dari PDI-P, dan Peggi Patrisia Pattipi PKB. 

Kelima caleg yang berstatus anak mantan Presiden itu ditetapkan Komisi Pemilihan Umum bersama 7.963 caleg DPR RI lainnya, Kamis (20/9/2018) sore. Dari 7.968 caleg, ada 4.774 caleg laki-laki dan 3.194 caleg perempuan. 

Sementara itu, hari pemungutan suara dilakukan secara serentak pada 17 April 2019. [***]

loading...

TULIS KOMENTAR

BERITA TERKAIT