Gempa 7,0 SR, Wara Lombok Utara Lari ke Bukit

Ahad, 05 Agustus 2018 - 22:26:56 WIB
Share Tweet Google +

loading...

Metroterkini.com - Warga Lombok Utara lari berhamburan saat gempa berkekuatan 7 SR melanda wilayah tersebut. Sampai saat ini warga masih mengungsi ke daerah tinggi, setelah adanya pengumuman gempa yang berpotensi tsunami. 

Tim Reaksi Cepat Badan Nasional Penanggulangan Bencana (TRC BNPB) Kabupaten Lombok Utara, Sauki mengatakan masih banyak yang bertahan di wilayah perbukitan. 

Sauki, yang juga bersama warga Lombok Utara berada di atas bukit, mengaku masih belum bisa turun ke wilayah yang lebih rendah meski peringatan dini tsunami telah dicabut.

"Belum bisa turun. Terus di sini juga mati listrik total," ucap Sauki, Minggu malam (5/7/2018).

Sauki mengatakan dirinya mengungsi ke daerah yang lebih tinggi sejak peringatan dini tsunami beredar. Kemudian, Sauki kini berdiam di beberapa tempat penampungan yang ada di perbukitan. 

Seperti dilansir CNNIndonesia.com, penampungan tersebut bukan buatan BNPB maupun Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) atau pemerintah daerah setempat. Dia mengatakan bantuan belum sampai ke Lombok Utara terutama di perbukitan tempat Sauki berdiam.

"Buatan evakuasi mandiri masyarakat. Sudah terlatih untuk menghadapi bencana," ucap Sauki.

Sauki belum mau membeberkan berapa banyak jumlah warga yang bersamanya di wilayah bukit. Dia pun enggan membeberkan soal air laut yang sempat pasang ke daratan.

"Masih belum bisa memberi info. Mohon maaf juga saya sedang irit baterai karena di sini tidak ada listrik," ucap Sauki. [***]
 


TULIS KOMENTAR

BERITA TERKAIT