Pesawat Jatuh di Meksiko, 49 Dirawat 1 Orang Terluka Bakar

Kamis, 02 Agustus 2018 - 19:08:44 WIB
Share Tweet Google +

loading...

Metroterkini.com - Sebanyak 49 penumpang pesawat Aeromexico yang jatuh tak lama setelah lepas landas dari Bandara Internasional General Guadalupe Victoria, Durango, Meksiko Selasa (31/7) masih dirawat di rumah sakit. Salah satunya anak perempuan yang menderita luka bakar.

"Sebanyak 49 penumpang dirawat di rumah sakit, termasuk pilot dan penumpang yang sempat mengalami kondisi kritis tapi keadaannya stabil," kata Gubernur Durango, Jose Rosas Aispuro dalam konferensi pers. 

"Seorang gadis yang menderita luka bakar juga dirawat di rumah sakit," kata dia dilansir cnnindonesia.

Maskapai penerbangan Aeromexico yang membawa 103 penumpang jatuh sesaat setelah lepas landas dari Bandara Durango, wilayah Utara Meksiko. 

Seluruh penumpang terpaksa keluar dari pintu darurat sebelum pesawat terbakar. Tidak ada korban jiwa dalam kecelakaan ini.

Aispuro menyatakan kecelakaan pesawat nomor penerbangan 2431 tersebut disebabkan karena angin kencang.

"Menara kendali mengatakan bahwa mereka melihat arus angin yang sangat kencang dan ini yang mungkin menyebabkan kecelakaan," kata Aispuro.

Pesawat Aeromexico tersebut sedianya akan terbang dari Durango ke Ibu Kota Meksiko.

"Sayap kiri pesawat bermesin ganda itu menyentuh tanah, akibatnya pesawat itu kehilangan kedua mesin. Pesawat itu kemudian tergelincir dari landasan di Bandara Internasional General Guadalupe Victoria dan berhenti sekitar 300 meter (1,000 kaki)," kata Aispuro.

"Rasanya seperti pesawat sedang berusaha melawan hujan deras dan angin kencang sesaat sebelum jatuh ke tanah dua kali selama kecelakaan," kata Anabel Estrada, penumpang selamat dari Joliet, Illinois.

"Guncangan kedua jauh lebih kuat, saat itulah saya melompat dan kepala saya menghantam langit-langit pesawat," kata Estrada. 

"Setelah guncangan kedua itu, saya melihat api di dalam kabin tepat di depan saya," Kata dia menambahkan.

Seluruh penumpang dan awak pesawat menyelamatkan diri melalui pintu darurat sebelum api membakar pesawat itu.

"Hati kita bersama dengan mereka dan keluarga mereka yang terkena musibah ini. Kami sangat sedih dengan kejadian ini, dan kami menegaskan kepada semua orang bahwa grup Aeromexico memberikan dukungan, pikiran, dan doa terhadap seluruh keluarga dan penumpang yang terkena musibah ini," kata Andres Canesa, CEO dari maskapai penerbangan Aeromexico.

Sebanyak 99 penumpang termasuk sembilan anak kecil dan dua bayi sudah berada di pesawat saat kecelakaan.

Foto-foto dari lokasi kejadian memperlihatkan asap tebal yang membubung dari pesawat di tengah semak-semak dan rumput yang tinggi. 

Tim penyelamat, pemadam kebakaran dan mobil pemadam kebakaran terlihat di lokasi kecelakaan pesawat.

Embraer, pembuat pesawat asal Brasil menyatakan siap membantu pihak berwenang Meksiko dalam penyelidikan pesawat jatuh itu.

Aeromexico sudah mengoperasikan pesawat berumur 10 tahun itu sejak 2014. Durango terletak 885 kilometer sebelah barat laut Kota Meksiko. [*]
 


TULIS KOMENTAR

BERITA TERKAIT