Lahan Gambut di Pasir Limau Kapas Terbakar

Jumat, 20 Juli 2018 - 20:37:03 WIB
Share Tweet Google +

loading...

Metroterkini.com - Kebakaran lahan gambut kembali terjadi di wilayah Kepenghuluan Pasir Limau Kapas Kabupaten Rokan Hilir Riau. Kebakaran lahan terjadi sejak beberapa hari lalu dan masih dilakukan pemadaman hingga Jum'at (20/7/2018).

Penghuluu Pasir, Agus Salem menyebutkan kepada metroterkini, menyampaikan kepada warga untuk mewaspadai agar tidak semakin marak dan memicu kabut asap. 

"Kami mengimbau kepada seluruh masyarakat untuk mencegah kebakaran dan tidak membakar lahan sembarangan. Kebakaran lahan bisa menimbulkan dampak buruk bagi masyarakat luas," kata Penghulu Pasir, Agus salem.

Kebakaran lahan terjadi di Kepenghuluan Pasir Dusun Perjuangan, yang merupakan pemekaran dari Dusun Sungai Tengar RT 03/RW 18.

Saat ini sudah dilakukan pemadaman oleh tim gabungan dari berbagai instansi seperti Kapolsek Panipahan dan sebagian masyarakat Pasir Limau Kapas.

Kebakaran lahan gambut terlihat sulit dipadamkan karena meski api di permukaan tanah sudah padam, namun api sering terus membakar di dalam tanah karena kondisi kering.

Sejauh ini belum diketahui penyebab kebakaran, apakah ada kesengajaan atau faktor lainya. Hingga hari ini, lahan gambut yang terbakar diperkitakan lebih dari dua hektar.

Alat pemadaman yang digunakan tim terlihat seadanya mengingat jarak sumber air yang cukup jauh sehingga selang air untuk memadamkan ke titik api tidak terjangkau.

Kebakaran itu menimbulkan kerugian bagi masyarakat yang lahannya ikut terbakar seperti kebun sawit.

Lahan atau kebun yang ikut terbakar berada di wilayah Pasir Limau Kapas, namun milik oknum dari Sumatera Utara. Namun sejauh ini pemilik lahan asal Sumatera Utara tersebut tidak ada satu pun yang tampak hadir atas musibah kebakaran di Kepenghuluan Pasir Limau Kapas. [mus]

loading...

TULIS KOMENTAR

BERITA TERKAIT