Tips Ampuh Hemat Kuota Internet di Smartphone

Selasa, 17 Juli 2018 - 13:46:55 WIB
Share Tweet Google +

loading...

Metroterkini.com - Kuota internet terlalu sering habis sementara kamu nggak bisa terus-terusan membelinya dan nggak bisa pula hidup tanpa internet. Buat kamu yang merasa kuota internet terlalu sering habis sementara kamu nggak bisa terus-terusan membelinya dan nggak bisa pula hidup tanpa internet, inilah tips ampuh menghemat kuota internet. 

1. Pilih Browser yang Tidak Boros
Internetan nggak akan jauh-jauh dari yang namanya browser. Kamu pasti sering menggunakan browser baik untuk searching, download dan lain-lain. Nah, untuk menghemat kuota data kamu, pastikan kamu memilih browser yang hemat alias nggak boros.

Sebagai rekomendasi, kamu bisa instal Firefox Rocket, Opera Mini, Google Chrome, CM Browser atau Dolphin Browser. Nggak cuma hemat, browser tersebut juga ringan dan nggak bikin smartphone jadi lambat.

2. Deteksi Aplikasi yang Boros Kuota

Kuota yang boros bisa jadi disebabkan oleh aplikasi-aplikasi tertentu yang nggak kamu sadari ternyata menyedot data secara diam-diam. Untuk mengantisipasi, kamu harus tahu aplikasi apa saja yang bikin kuota boros. Jika sudah tahu, kamu bisa segera menindaklanjuti.

Untuk mendeteksi aplikasi yang boros kuota, kamu bisa melakukannya dengan membuka menu Setting - Penggunaan Data - Penggunaan Aplikasi. Akan terlihat aplikasi apa saja yang paling boros kuota, nah kamu bisa segera mematikannya.

3. Matikan Update Otomatis di Playstore

Play Store pasti ada di semua smartphone Android. Kamu juga pasti sering menggunakan Play Store untuk download berbagai aplikasi yang kamu inginkan. Play Store sering kali melakukan update otomatis terhadap aplikasi yang kita instal. Ketika sebuah aplikasi membutuhkan update, maka Play Store akan melakukannya secara otomatis saat data dihidupkan.

Untuk menghindari update otomatis di Play Store, kamu bisa melakukannya dengan membuka Play Store, masuk ke menu Setelan lalu klik Update aplikasi secara otomatis dan pilih Jangan update aplikasi secara otomatis. Atau kamu bisa pilih Update aplikasi secara otomatis hanya melalui WiFi.

4. Aktifkan Peringatan Penggunaan Kuota

Biasanya jika sudah menggunakan internet, kita suka lupa atau bahkan nggak tahu sudah berapa banyak kuota yang kita gunakan. Nah, supaya nggak kelewatan, kamu bisa mengaktifkan peringatan penggunaan kuota. Ini berguna agar ketika penggunaan kuota kamu sudah mencapai batas yang kamu tentukan, akan muncul peringatan di smartphone.

Caranya, buka Setting - Jaringan & Internet - Penggunaan Data - Penggunaan Data Seluler - Peringatan Data lalu masukkan jumlah kuota data yang kamu inginkan. Misalnya, kamu ingin diperingatkan saat penggunaan kuota kamu mencapai 1GB, maka ketik angka 1 GB. Nah, dengan begini kamu bisa langsung menghentikan penggunaan jika sudah mencapai batas yang kamu tentukan sendiri.

5. Aktifkan Batas Penggunaan Kuota

Bukan hanya bisa mengaktifkan peringatan penggunaan kuota data, kamu juga bisa mengaktifkan batas penggunaannya. Caranya dengan masuk ke menu Setting - Jaringan & Internet - Penggunaan Data - Penggunaan Data Seluler lalu aktifkan setel batas data. Kamu bisa mengatur berapa jumlah kuota data yang ingin kamu batasi.

Dengan cara ini, ketika penggunaan kuota mencapai batas yang sudah kamu atur, maka koneksi internet akan terputus secara otomatis.

6. Hindari Streaming

Streaming adalah salah satu aktivitas internet yang sering dilakukan. Streaming tentu memakan kuota yang nggak sedikit. Apalagi jika kamu streaming hingga berjam-jam dengan kualitas gambar yang tinggi. Kuotamu bisa tersedot dalam sekejap.

Supaya kuota internet kamu hemat, usahakan untuk menghindari streaming. Kalaupun kamu benar-benar ingin streaming sebaiknya pakai WiFi supaya lebih lancar dan hemat kuota.

7. Tutup Aplikasi yang Sudah Gak dipakai

Berbagai aplikasi yang menggunakan internet biasanya akan tetap menyedot data jika aplikasi tersebut masih aktif walaupun sudah gak digunakan. Contohnya seperti aplikasi Facebook, Instagram, dan lain-lain. Walaupun kamu sudah meninggalkannya, aplikasi tersebut tetap masih berjalan di latar belakang.

Supaya nggak boros kuota, tutup aplikasi-aplikasi yang sudah nggak digunakan tersebut dari latar belakang. Selain bisa menghemat kuota, cara ini juga bisa bikin kinerja smartphone tetap lancar.

8. Hilangkan Iklan

Kemunculan iklan di smartphone tentunya sangat mengganggu. Apalagi jika iklan tersebut muncul dengan sendirinya walaupun kamu nggak lagi membuka browser. Iklan bisa berasal dari aplikasi-aplikasi yang kamu instal. Beberapa aplikasi terkadang memuat iklan dan memunculkannya kapan saja.

Munculnya iklan juga menjadi pemicu terkurasnya kuota internet kamu. Supaya nggak terus-terusan mengganggu dan menyedot kuota, pastikan smartphone kamu bersih dari iklan. Kamu bisa memasang aplikasi untuk menghilangkan iklan atau hindari menginstal aplikasi yang memuat iklan di dalamnya.

9. Jangan Nyalakan Hotspot

Hotspot sering kali digunakan sebagai pengganti modem dan WiFi. Biasanya seseorang menyambungkan internet dari ponsel ke laptop atau komputer dengan hotspot. Memang hotspot membantu kamu yang nggak punya modem atau sambungan WiFi.

Akan tetapi, menyalakan hotspot akan sangat menguras kuota internet. Apalagi jika ada yang nebeng hotspot sama kamu, bisa-bisa kuota internetmu langsung ludes. Sebaiknya matikan hotspot kecuali jika benar-benar perlu menggunakannya.

10. Matikan Data Saat Gak digunakan

Saat kamu nggak menggunakan internet, sebaiknya matikan data seluler untuk menghindari kuota kamu tersedot dengan sendirinya. Berbagai notifikasi dari aplikasi yang terhubung dengan internet tentu juga akan memakan kuota. Karena itu, jika nggak sedang digunakan, sebaiknya matikan data seluler. Begitu pula saat kamu tidur, jangan tinggalkan smartphone dalam keadaan data seluler aktif. [***]


TULIS KOMENTAR

BERITA TERKAIT