1111 Pohon dari PLN untuk Lembah Furia Jayapura

1111 Pohon dari PLN untuk Lembah Furia Jayapura

Metroterkini.com - PLN bersama Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan Kota melakukan penghijauan di lahan kritis hulu Sungai Siborogonyi yang berada di Lembah Furia, Kelurahan Wahno, Distrik Abepura, Kota Jayapura, Irian Jaya, Jumat (29/6/2018). 

Kegiatan ini salah satu rangkaian kegiatan peringatan Hari Lingkungan Hidup di Kota Jayapura. Pada simbolis penyerahan, dihadiri juga oleh Wakil Walikota Jayapura, GM UIP Papua, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Jayapura, serta penggiat lingkungan hidup.

Program penanaman 1111 pohon yang merupakan program PLN Peduli (CSR PLN) ini sebagai bentuk kepedulian PLN terhadap lingkungan mencegah efek rumah kaca dan mengurangi global warming. Program ini juga mengajak stakeholder PLN, masyarakat dan akademisi untuk ikut bersama menjaga lingkungan hidup. Wilayah Hulu Sungai Siborogonyi dipilih menjadi tempat penghijauan karena wilayah tersebut merupakan daerah penyangga kawasan Cyclops dan daerah penahan air hujan dari bagian lembah kelurahan Wahno sehingga diharapkan dapat memitigasi banjir di daerah Kotaraja dan sekitarnya.

Wakil Walikota, Rustan Saru, dalam pembukaannya mengingatkan akan dampak kerusakan lingkungan "Kemarau menjadi panjang menyebabkan kekeringan. Curah hujan sangat tinggi pada musim hujan menyebabkab banjir dimana-mana," ujarnya. 

Dengan meningkatnya jumlah penduduk Jayapura, isu lingkungan perlu menjadi perhatian karena penduduk membutuhkan lahan untuk pemukiman sehingga hutan mulai tergerus. Dengan rehabilitasi lahan kritis diharapkan dapat meningkatkan keadaan lingkungan Kota Jayapura. Rustan berharap PLN dan BUMN lain dapat terus aktif melakukan penghijauan di Kota Jayapura dan juga memonitor dan mengevaluasi keberhasilan program penghijauan.

“Menjalankan kegiatan usaha yang berwawasan lingkungan adalah salah satu misi korporat PLN, oleh karena itu sebagai komitmen untuk menjalankan misi korporat PLN, kita melaksanakan CSR untuk pelestarian lingkungan,” ujar General Manager UIP Papua, Reisal Rimtahi Hasoloan. 

Bagi PLN, lembah Furia merupakan daerah Ring 1 yang berada di dekat Transmisi Waena-Jayapura dan Gardu Induk Skyline sehingga PLN juga memiliki tanggung jawab untuk konservasi lingkungan di sekitar infrastruktur ketenagalistrikan. Kegiatan penghijauan ini menggunakan dana CSR PLN sebesar Rp 88.2,- [rls]
 

Berita Lainnya

Index