Inilah Manfaat Kunyit Putih untuk Kesehatan 

Ahad, 24 Juni 2018 - 12:42:44 WIB
Share Tweet Google +

loading...

Metroterkini.com - Kunyit putih atau sering disebut juga dengan kunir putih memiliki nama latin Curcuma zedoaria. Jenis kunyit ini tentu sudah dikenal memiliki khasiat yang menakjubkan untuk kesehatan tubuh kita.

Umumnya, kunyit memang dikenal memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Kamu tentu pernah mendengar nama jamu kunir asem yang salah satu bahannya adalah kunyit. Jadi, kunyit ini sudah digunakan oleh nenek moyang kita sebagai salah satu jamu untuk menjaga kesehatan tubuh.

Kalau untuk kunir asem, kunyit yang digunakan berwarna kuning, kali ini kita akan membahas kunyit berwarna putih. Kunyit putih ini dipercaya memiliki manfaat yang lebih banyak dari pada kunyit biasa lho.

Kunyit putih, di negara kita sudah dikenal sejak zaman dahulu, nenek moyang kita memanfaatkannya untuk diramu sebagai pembersih organ kewanitaan. Bukan cuma itu saja, dahulu, rimpang kunyit putih juga dipercaya bisa untuk menghilangkan bau tidak sedap pada organ kewanitaan dan bau badan lho.

Dengan perkembangan teknologi dan ilmu pengetahuan yang semakin maju, manfaat dari kunyit putih pun menjadi terkuak. Hal ini karena banyak penelitian tentang kunyit putih yang mencari apa saja kandungan di dalamnya.

Dari penelitian-penelitian yang dilakukan, kandugan senyawa yang ada di dalam kunyit putih ini menjadi diketahui. Kandungan di dalam kunir putih seperti Ribosome Inacting Protein (RIP), isocurcumenol, ethyl p-methoxycinnamate, epicurzerenone, demothxycurcumin, curdione, bisdemothxycurcumin, dan kurkumenol ternyata dapat menonaktifkan dan menghambat pertumbuhan sel kanker.

Selain untuk kanker, kunyit putih ternyata punya manfaat lain, yaitu sebagai anti peradangan. Manfaat ini didapatkan dari kandungan senyawa bernama anticurcumin. Seseorang yang menderita kanker tertentu, kadang ada efek berupa peradangan yang timbul di beberapa bagian tubuh.

Kanker yang memiliki efek berupa peradangan contohnya adalah kanker paru. Biasanya, penderita kanker paru akan mengalami kondisi batuk kronis. Batuk yang kronis tersebut akan dapat menyebabkan organ paru dan jantung mengalami peradangan. Penderita tersebut dapat mengonsumsi kunyit putih secara rutin untuk mengatasi permasalahan itu.

Bukan cuma untuk kesehatan saja lho, kunyit putih ternyata juga bisa dimanfaatkan sebagai salah satu bahan baku pembuatan parfum dan aroma terapi. Kandungan minyak atsiri yang terdapat dalam kunyit putih memiliki aroma yang khas, menenangkan, hangat, dan bisa membangkitkan mood baik. Cocok sekali jika digunakan sebagai salah satu bahan untuk terapi relaksasi.

Kunir atau kunyit kuning yang biasanya digunakan untuk bumbu dapur ternyata memiliki kandungan yang mirip dengan kunyit putih. Tetapi, dosis atau persentasenya lebih rendah, sehingga manfaat yang kita dapatkan dari konsumsi kunyit kuning tidak sebesar jika mengonsumsi kunyit putih.

Kandungan utama yang ada pada kunyit putih adalah senyawa bernama Ribosome Inacting Protein (RIP). Ketika senyawa tersebut masuk ke dalam tubuh kita, maka ia akan mendeteksi sel-sel yang tidak normal di dalam tubuh lalu menempel pada sel tersebut.

Sel tidak normal yang ditempeli oleh RIP tadi menjadi tidak bisa berkembang. Padahal, setiap sel pasti memiliki masa untuk berkembang. Nah, karena terhalang oleh RIP tadi, maka sel abnormal lama-lama akan menjadi mandul dan kemudian mati.

Cara Mengolah Kunyit Putih
Mengolah kunyit putih sebenarnya bisa dilakukan dengan cara yang alami dan mudah. Tetapi, kamu butuh kesabaran dan juga ketelatenan. Berikut ini cara mengolah kunyit putih yang bisa kamu lakukan di rumah.

Ambil 3-4 buah kunyit putih, kupas kulitnya, lalu parut.
Beri sedikit air, lalu peras menggunaan kain saring.
Simpan air perasan ke dalam wadah tertutup.
Gunakan 2-3 sendok makan ekstrak kunyit putih yang dicampur dengan 100 ml air hangat. Kamu bisa meminumnya 3-4 kali dalam sehari jika digunakan untuk penyembuhan. Tetapi, kalau untuk pencegahan atau menjaga kesehatan, cukup sekali saja dalam satu hari.

Efek Samping Kunyit Putih

Setelah mengonsumsi sesuatu biasanya kita akan merasakan efek samping dari sesuatu yang kita konsumsi. Begitu juga ketika kita mengonsumsi kunyit putih.

Saat menggunakan obat kimia untuk proses kemoterapi, sel-sel baik juga dapat mati sehingga imunitas penderita kanker dapat melemah selama proses kemoterapi berjalan. Pemakaian obat-obatan kimia dalam waktu yang panjang juga bisa mengganggu fungsi ginjal.

Kunyit putih memiliki efek yang sangat kuat di dalam tubuh. Jadi, sebelum mengonsumsi ekstrak kunyit putih, pastikan perut kamu tidak dalam kondisi kosong ya. Makan dulu seperti biasanya, atau kalau tidak selera, minimal minum susu sereal.

Awal mengonsumsi kunyit putih, kamu akan merasa pusing, lemas, dan mual. Efek samping ini adalah reaksi bahwa khasiat dari kunyit putih sedang bekerja di dalam tubuh kamu. Tak perlu khawatir, hal ini tidak membahayakan, hanya berlangsung beberapa hari saja.

Agar khasiat kunyit putih maksimal, komsumsilah dengan kombinasi herbal lain, seperti sarang semut atau teh hijau. Tapi, jangan mengombinasi antara kunyit putih dengan keladi tikus. Hal ini untuk menghindari efek samping yang begitu kuat.

Hindari konsumsi kunyit putih dalam bentuk apapun saat hamil. Kunyit putih dapat menyebabkan keguguran ataupun cacat pada janin yang sedang dikandung.

Manfaat Kunyit Putih Untuk Kesehatan
Ada beberapa manfaat kesehatan yang akan kamu dapat dengan mengonsumsi kunyit putih.

1. Obat Masuk Angin
Orang Indonesia pastilah sudah nggak asing dengan masalah yang satu ini, masuk angin. Ternyata, kunyi putih bisa untuk mengatasi gejala masuk angin lho. Yah, walaupun saat ini nggak banyak yang tau, padahal nenek moyang kita udah dari dulu menggunakannya.

Untuk mengatasi masuk angin, kamu cukup membuat ramuan dari kunyit putih. Cukup ambil beberapa kunyit putih, bersihkan, lalu parut dan peras. Air perasannya ditambah dengan air, kemudian direbus sampai mendidih. Minum ramuan tersebut saat masih hangat.

2. Mengatasi Gejala Asam Lambung Atau Penyakit Maag
Biasanya, penyakit yang sering muncul ketika pola makan tidak teratur adalah maag. Kamu bisa mengomsumsi air rebusan kunyit putih untuk mengurangi resiko yang ditimbulkan sakit maag.

Cara membuat air rebusan kunyit putih cukup mudah, bersihkan beberapa kunyit putih, lalu potong-potong. Rebus bersama dengan 500 ml air sampai air rebusan tinggal separuhnya. Saring air rebusan dan dinginkan, saat masih hangat, tambahkan satu sendok makan madu dan minum selagi masih hangat. Minumlah sebanyak 50 ml sebanyak dua kali sehari.

3. Mengobati Kista
Kunyit putih juga bisa digunakan untuk mengobati kista. Caranya cukup mudah, campurkan saja kunyit putih yang sudah dikeringkan dengan tapak liman kering, temu putih, pegagan kering, dan cakar ayam segar. Rebus bahan-bahan tersebut dalam seliter air sampai menjadi setengah liter saja, lalu dinginkan. Saring rebusan tersebut dan minum sebanyak 3 kali sehari.

4. Manfaat Kunyit Untuk Keputihan
Sebelum mengobati keputihan, kita cari tau dulu keputihan jenis apa yang terjadi. Apakah keputihan itu bersifat normal ataukah tidak. Kalau keputihannya normal, biasanya tidak perlu kita obati. Tapi, kalau keputihan yang tidak normal, perlu ditangani dengan tindakan pengobatan. Biasanya, obat-obatan yang digunakan bisa dari dokter ataupun obat herbal alami.

Cara yang alami adalah dengan menggunakan kunyit putih. Kamu bisa mengiris tipis kunyit putih, lalu rebus sampai mendidih. Setelah itu, diamkan beberapa saat sampai tidak terlalu panas. Air rebusan tadi dipakai untuk membersihkan organ kewanitaan. Lakukan cara ini sebanyak dua kali sehari saat pagi dan sore hari sampai keputihannya benar-benar sembuh.

5. Mencegah Kanker Payudara
Agar resiko terkena kanker payudara dapat diminimalisir, kamu bisa mengonsumsi ramuan kunyit putih secara rutin. Cara membuat ramuannya cukup gampang, siapkan kunyit putih dan keladi putih, lalu cuci bersih dan potong-potong. Rebus bersama dengan empat gelas air, diamkan sampai air tinggal setengah. Saring dan dinginkan, minum bersama madu sebagai pemanis alami.

Manfaat Kunyit Putih Untuk Kecantikan Wajah
Selain untuk kesehatan, kunyit putih ternyata juga baik untuk kecantikan. Kandungan antioksidan dan zat gizi di dalamnya yang sangat baik untuk kecantikan. Berikut ini beberapa manfaat kunyit putih untuk kesehatan wajah kamu.

1. Mencerahkan Dan Memutihkan Wajah
Kandungan zat gizi, vitamin, dan pati pada kunyit putih dipercaya dapat membuat wajah menjadi lebih cerah dan sehat. Kamu bisa menggunakan masker kunyit putih secara teratur sebanyak 1-2 kali seminggu. Tapi ingat, gunakan bubuk kunyit putih alami ya, agar wajah jadi makin cerah alami dengan maksimal.

2. Membuat Wajah Menjadi Segar
Selain mencerahkan, kunyit putih juga dapat membuat kulit wajah menjadi lebih segar. Kamu bisa menggunakan masker kunyit putihi dengan teratur. Buat kamu yang kulitnya berminyak, buatlah masker menggunakan bubuk kunyit putih dengan air mawar. Atau, kamu juga bisa mencampur bubuk kunyit putih dengan susu dan yoghurt, biar maskerannya berasa lebih dingin dan nyaman.

3. Mengatasi Jerawat
Dikatakan, kunyit putih mengandung antioksidan yang sangat baik untuk menghilangkan jerawat. Seperti sebelumnya, cukup gunakan masker kunyit putih sebelum mandi. Gunakan secara teratur 2-3 kali dalam satu minggu agar mendapat hasil yang terbaik.

loading...

TULIS KOMENTAR

BERITA TERKAIT