Cara Praktis & Mudah Memasak Ketupat saat Lebaran

Selasa, 12 Juni 2018 - 16:16:27 WIB
Share Tweet Google +

loading...

Metroterkini.com - Ketupat identik dengan hari raya Idul Fitri. Biasanya, olahan beras ini disajikan lauk pauk khas. Sebetulnya, kita bisa menemukan ketupat dalam keseharian. Misalnya sarapan pagi dengan ketupat sayur atau makan siang pakai ketoprak.

Ketupat ada 2 macam yang instan dan ketupat selongsong bearasal dari daun kelapa, berikut resep praktis memasak ketupat instan dan ketupat selongsong dilansir resep koki!

Ketupat Plastik

1. Cuci plastik berisi beras

Ketupat instan biasa dikemas dalam plastik kecil. Di dalamnya sudah ada beras sesuai takaran. Cuci beras tanpa mengeluarkannya dari plastik. Beras akan terbilas air karena plastik pembungkusnya memiliki lubang-lubang kecil.

Caranya seperti mencuci beras biasa. Kumpulkan plastik ketupat dalam sebuah wadah, lalu alirkan air ke dalamnya. Buang airnya ketika sudah keruh dan ulangi hingga 2-3 kali. Tiriskan.

2. Masak dalam panci berisi penuh air

Tata plastik ketupat dalam panci dan tuang air ke dalamnya. Plastik ketupat harus direbus bersamaan dengan air untuk mematangkannya secara perlahan. Kalau dimasukkan saat air mendidih, plastik ketupat akan cenderung menggembung dan ketupat tidak akan matang sempurna.

3. Pakai api besar dulu, diikuti dengan api kecil

Awali dengan api besar saat merebus ketupat. Saat air mulai mendidih, kecilkan api dan masak hingga teksturnya padat. Tunggu selama kurang lebih satu jam. Bila air sudah terlihat habis menyusut namun ketupat belum matang, tambahkan air secukupnya.

Selongsong Ketupat

1. Cuci beras dan masukkan dalam selongsong


Selongsong ketupat juga banyak dijual di pasar menjelang Lebaran. Anda hanya perlu mengisinya dengan beras dan langsung rebus dalam air. Pastikan anda memilih selongsong ketupat yang sama besar agar ketupat nantinya bisa matang bersamaan.

Sebelum dimasukkan dalam selongsong, cuci beras 2-3 kali hingga warna airnya tidak terlalu keruh. Gunakan beras pulen agar hasilnya lebih nikmat. Isi ? selongsong dengan beras yang sudah dicuci. 

2. Rebus air hingga mendidih

Masukkan air bersih dalam panci dan rebus hingga mendidih. Berbeda dengan ketupat instan, ketupat selongsong bisa dimasukkan saat air sudah mendidih. Janur ketupat tidak akan menggembung layaknya pembungkus plastik pada ketupat instan.

3. Masukkan selongsong ketupat dalam panci

Masukkan selongsong ketupat berisi beras ke dalam air mendidih. Sebelumnya, kecilkan api kompor terlebih dahulu. Tutup panci dan cek sesekali. Masak ketupat selongsong memang butuh waktu lebih lama, yakni 2-4 jam. Anda juga bisa pakai pressure cooker agar ketupat lebih cepat matang dan padat.

Ternyata cukup praktis, ya? Jangan lupa dinginkan ketupat terlebih dulu agar tidak lembek saat dipotong dan bentuknya tetap cantik. Sajikan dengan aneka lauk lezat untuk keluarga tercint selamat mencoba. [*]


TULIS KOMENTAR

BERITA TERKAIT