Tips Agar Tetap Bugar Saat Lebaran Walau Usai Mudik

Selasa, 12 Juni 2018 - 02:00:04 WIB
Share Tweet Google +

loading...

Metroterkini.com - Kebiasaan yang sering dilakukan saat lebaran adalah silahturahmi dengan keluarga maupun tetangga sekitar. Tapi kelelahan akibat perjalanan mudik yang teramat panjang bisa mengacaukan semuanya.

Maka dari itu perlu adanya persiapan dan beberapa hal yang perlu diperhatikan saat mudik terlebih jika dalam perjalanan jauh. Ada beberapa saran yang diberikan dokter bagi pemudik agar tetap segar dan bugar saat berlebaran di kampung halaman.

"Sebelum berangkat tidur harus cukup, tidur bila mengantuk, stretching dan senam ringan atau jalan, cukup cairan," ujar pakar kesehatan tidur dari RS Medistra, dr Rimawati Tedjasukmana, SpS kepada detikHealth.

Sedangkan soal penggunaan obat pereda rasa sakit, dokter bedah saraf dari RS Mayapada, dr Roslan Yusni Hasan, SpBS atau yang akrab disapa dr Ryu menyebutnya boleh-boleh saja asal sesuai dosis.

"Istirahat yang cukup setelah berkendara. Jika perlu mengonsumsi obat penghilang rasa sakit boleh, sesuai dosis tentunya, 250 miligram perhari masih aman," ujar dr Ryu kepada detikHealth.

dr Ryu menambahkan, minum minuman berenergi ketika hendak berkendara jauh sebenarnya tidak berpengaruh. Bagaimanapun, istirahat yang cukup saat perjalanan itu yang lebih utama. [dth]


TULIS KOMENTAR

BERITA TERKAIT