Tips Hemat Belanja Lebaran Agar Tidak Bokek

Ahad, 10 Juni 2018 - 23:39:33 WIB
Share Tweet Google +

loading...

Metroterkini.com - Menjelang lebaran tentu kita akan membeli beberapa pakaian baru. Pokoknya pada hari raya kita ingin tampil menawan dan berbeda dari lainnya. Kita berlomba-lomba untuk tampil cantik atau tampan. Maka tak heran sikap konsumtif kita menjelang lebaran dimanfaatkan oleh sejumlah pebisnis. 

Jangan sampai kamu jadi gila belanja hanya karena menjelang hari raya, guys. Belanja tanpa dikontrol hanya akan membuat dompetmu semakin menipis. Pada akhirnya kerja kerasmu selama sebulan akan cepat ludes. Maka dari itu kamu harus mengurangi sifat 'gila belanjamu' itu. Tips berikut dapat digunakan agar kamu tidak gila belanja saat menjelang lebaran.

1. Catat kebutuhan, bukan keinginan
Dengan mencatat apa yang paling dibutuhkan, kamu bisa menemukan prioritas. Kamu dapat memprioritaskan apa yang sangat dibutuhkan, bukan yang diinginkan. Misal, kamu lebih butuh dress lebaran ketimbang tas mahal. Maka yang harus kamu beli adalah dress untuk lebaran.

2. Jangan termakan diskon.

Saat menjelang hari raya, kamu pasti sudah sering mendengar kata diskon atau sale yang menggiurkan. Diskon bisa up to 70 persen atau kamu bisa mendapatkan potongan Rp 100 ribu untuk pembelanjaan minimal Rp 450 ribu. Untuk diskon up to 70 persen sebenarnya tidak ada diskon yang benar-benar mencapai 70 persen.

Jika ada, perusahaan pasti akan mengalami kerugian. Kenapa dibilang 70 persen? Hal ini disebabkan karena konsumen menyukai diskon yang besar. Semakin besar nilai diskonnya, maka konsumen akan senang hati membelanjakan uangnya. Hal inilah yang kemudian dipikirkan oleh e-commerce, departement store, dan online shop. 

3. Bawa uang secukupnya.

Jika berbelanja secara langsung dan tidak melalui online, maka cara paling ampuh agar kamu tidak 'kalap' dalam berbelanja adalah dengan membawa uang secukupnya. Kalau perlu jangan membawa kartu kredit. Membawa kartu kredit hanya akan membuatmu merasa aman saat berbelanja. Karena kamu tidak perlu memikirkan pembayaran pada saat itu.

4. Terapkan mindset untuk hemat.

Hal ini cukup sulit dilakukan jika kamu adalah tipe orang yang nafsu belanjanya besar. Namun kamu harus berlatih menerapkan 'mindset' bahwa kamu harus lebih berhemat. Walau momen hari raya sangat penting, dan ingin memberikan penampilan yang terbaik, bukan berarti kamu melupakan kebutuhanmu lainnya. 

Berbelanja untuk menyambut hari raya lebaran sih boleh saja guys. Asal bisa menggunakan uang kita secara bijaksana dan tentunya sesuai isi kantong. [***]


 

loading...

TULIS KOMENTAR

BERITA TERKAIT