SPBU di Aceh Timur Jual BBM Pakai Jerigen

Jumat, 08 Juni 2018 - 15:48:30 WIB
Share Tweet Google +

loading...

Metroterkini.com - Penyelewengan Bahan Bakar Minyak (BBM) bersubsidi disalah satu stasiun pengisian bahan bakar minyak (SPBU) menjadi sorotan masyarakat yang hendak mengisi minyak di pom bensin yang terletak dijalan Lintas Nasional Medan - Banda Aceh, tepatnya digampong Tanjong Meunjei Kecamatan Madat, Aceh Timur. 

Hal tersebut rutinitas terjadi setiap kali setelah minyak bersubsidi itu dipasok ke SPBU tersebut. Terlihat dengan jelas, puluhan konsumen yang terpantau oleh awak media sedang menunggu jadwal pelayanan dari petugas SPBU walaupun harus rela menunggu berjam-jam untuk mendapatkan jatah perolehan minyak berdasarkan skala transaksi yang diinginkan.

Temuan wartawan metroterkini.com dilapangan, Kamis (7/6/18), penjualan BBM bersubsidi itu dilakukan sekira waktu memasuki jam tengah malam agar mungkin untuk mengantisipasi terjadinya pengendara lain mengantri pengisian minyak karena lamanya proses pengisian bagi konsumen jerigen daripada kendraan.

Sementara keluhan konsumen pengendara sepeda motor, AR (29) kepada wartawan media ini mengatakan, adegan penyelewengan yang dipraktikan staf SPBU dengan No Registrasi 14-244-492 secara terang-terangan itu, telah merugikan banyak pihak. Karena penjualan yang dilakukan kepada konsumen jerigen yang pastinya pengeluaran berskala tinggi.

Padahal sudah jelas dalam Undang-undang Migas Peraturan Presiden No. 191 Tahun 2014 tentang Penyediaan, Pendistribusian, dan Harga Jual Eceran Bahan Bakar Minyak. Dan Peraturan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral No. 18 Tahun 2011 tentang Kegiatan Penyaluran Bahan Bakar Minyak.

Sesuai aturan tersebut SPBU hanya boleh menyalurkan Bahan Bakar Minyak Premium dan Solar untuk pengguna akhir. Sebagaimana diatur oleh Peraturan Presiden No 191 tahun 2014 pihak SPBU dilarang keras untuk menjual Bahan Bakar Minyak Premium dan Solar kepada jerigen dan drum untuk dijual kembali ke konsumen. [mahlel-sol]


TULIS KOMENTAR

BERITA TERKAIT