Amien Rais Sebut Sosok 'Teman Balik-Kanan' Akibat Jabatan

Rabu, 06 Juni 2018 - 03:04:39 WIB
Share Tweet Google +

loading...

Metroterkini.com - Amien Rais menyatakan ada temannya yang berbalik kanan menyeberang dan kini mulai menyerang dirinya. Sosok 'teman balik kanan' itu mulai terkuak.

Pernyataan itu disampaikan Amien Rais melalui akun Instagram @amienraisofficial, Senin (4/6/2018). Amien menyampaikan itu melalui video dengan latar belakang Masjidil Haram.

"Assalamualaikum wr. wb. Saudara-saudaraku, di tahun politik ini, sepertinya muncul sebuah fenomena baru, yaitu teman-teman yang mula-mula nampak lurus, nampak tawaduk, nampak istikamah, tiba-tiba agak berbalik kanan dan mengagetkan," kata Amien Rais dalam video yang di-posting di akun amienraisofficial, Senin (4/6/2018).

Menurut Amien, adanya sikap yang berbeda dengan sejumlah rekannya di tahun politik ini adalah hal yang biasa. Dia hanya berharap rekan-rekan yang sudah berbeda itu dapat kembali ke jalan yang seharusnya. 

Hanya, Amien tidak menyebut dengan jelas siapa teman-teman yang dimaksud 'berbeda arah' itu.

"Dalam tarikh (sejarah) Islam, bahkan dalam Alquran, dalam hadis pun, fenomena ini sangat biasa. Jadi kita hanya harapkan teman-teman kita itu, yang semula kita anggap istikamah, lurus, tiba-tiba balik kanan," kata Amien. 

Sampai akhir video, Amien tak menyebut siapa sosok yang disebutnya sebagai teman yang balik kanan itu. Sosok itu menjadi misteri.

Sehari kemudian, Ketua Umum PA 212 Slamet Maarif memberikan petunjuk mengenai siapa sosok yang dimaksud. Slamet tetap tak menyebut nama, tapi dia memperjelas figur teman 'balik kanan' itu adalah dia yang kini berada di pemerintahan karena ditawari jabatan.

Ketua Dewan Penasihat PA 212 Amien Rais menyatakan ada teman yang kini 'balik kanan'. Slamet menyatakan sosok 'teman balik kanan' itu tergiur oleh tawaran jabatan.

"Beliau melihat di negara kita, kawan kita, beliau pantau. Beliau tidak sebutkan namanya, awalnya satu gerbong gerakan kita, satu gerbong pergerakan aksi 212. Karena satu hal, kemudian berlawanan arah pemikiran," kata Slamet.

Hal itu disampaikan Slamet dalam konferensi pers di Condet, Jakarta Timur, Selasa (5/6/2018). Slamet mengamini betul apa yang disampaikan Amien mengenai adanya teman yang 'balik kanan' tersebut.

"Memang di Alquran seperti itu, kawan beriringan karena mungkin tawaran jabatan, mungkin posisi atau satu hal jadi balik kanan. Itu juga kami rasakan di perjuangan 212 sekarang tidak kelihatan dan cenderung ke sana," tutur Slamet.

Sama seperti Amien Rais, Slamet tidak mau menyebutkan sosok 'teman balik kanan' ini. Dia hanya memberi garis besar, sosok teman balik kanan ini merupakan sosok yang kini kerap memberikan statement menyerang PA 212.

"Beliau tidak sebut nama. Media yang tangkap, yang terbaru kelihatan awalnya muji sekarang kelihatan hantam begitu karena posisi tertentu," tutur Slamet.

Pernyataan Amien soal 'teman balik kanan' ini disampaikan tak lama berselang setelah Kantor Staf Presiden mengangkat Ali Mochtar Ngabalin sebagai tenaga ahli utama. Namun Ngabalin--yang dulu kerap menyerang Jokowi dan pernah hadir di aksi 411--merasa bukan orang yang dimaksud Amien itu.

"Saya baru dengar (pernyataan Amien soal 'teman balik kanan'). Kalau saya pasti tidak mungkin, bukan," kata Ngabalin. [dtk]

loading...

TULIS KOMENTAR

BERITA TERKAIT