Peringatan Nuzul Qur’an, Ini Pesan Bupati Sukiman

Jumat, 01 Juni 2018 - 23:27:54 WIB
Share Tweet Google +

loading...

Metroterkini.com - Pelaksanaan Peringatan Nuzulul Quran pada malam 17 Ramadan 1439 H yang dipusatkan di Masjid Agung Islamic Madani Islamic Center (MAIC) Rokan Hulu, Jumat (1/6/18) malam berlangsung hikmat dan sukses.

Selain dihadiri masyarakat, jamaah masjid dan aparatur sipil Negara di lingkungan Pemkab Rohul, pada peringatan Nuzul Quran yang dimotori Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Rohul bekerjasama dengan Pengurus MAIC Rohul tersebut.

Tampak hadir Bupati Rokan Hulu H Sukiman, Kapolres Rohul AKBP Muhammad Hasyim Risahondua SIK MSi, Kalapas Kelas II B Pasirpengaraian Muhammad Lukman AMd Ip SH MSi, Kakan Kemenag Rohul Drs H Syahruddin MSy, Pejabat Sekda Rohul H Abdul Haris SSos MSi, para pejabat eselon II, III dan IV dilingkungan Pemkab Rohul.

Hadir Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Rohul Hj Peni Herawati Sukiman, Pj Ketua Dharma Wanita Persatuan Rohul Hj Nety Herawati Haris. Ketua dan Sekretaris Badan Pengelola MAIC Rohul H Zulyaidaini dan H Dipendri serta penceramah agama DR H M Tuah Sirait MA.

Bupati Rohul H Sukiman menyebutkan, momentum peringatan Nuzul Quran pada malam 17 Ramadan 1439 H tingkat Kabupaten Rokan Hulu, agar masyarakat dapat lebih meningkatkan membacara alquran.

Tidak saja menghafal, dan membaca, tapi berusaha untuk memahami isi dari kandungan Alquran tersebut, sebagai pedoman dalam kehidupan sehari, bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

‘’Maka dari itu, saya mengajak umat Islam yang berada di Negeri Seribu Suluk, hendaknya setiap hari, setiap waktu membaca Alquran. Tak hanya dibulan Ramadan, gemakan membaca alquran dan memahami isi kandungan alquran sebagai pedoman hidup,’’ ujar mantan Dandim Inhil itu.

Sukiman menjelaskan,  dalam kunjungan safari Ramadan Pemkab Rokan Hulu ke kecamatan, menyerahkan puluhan kitab suci alquran yang dilengkapi tafsir di mesjid besar kecamatan.

Artinya jamaah atau masyarakat tidak hanya membaca alquran, tetapi bisa memahami isi alquran. Momentum Nuzul Quran, kembali kepada alquran. Apapun perjalanan kehidupan ini semuanya ada didalam alquran.

‘’Program magrib mengaji dan menghafal alquran yang sudah berjalan selama ini harus ditingkatkan. Artinya upaya pemerintah daerah itu betul-betul memberikan pemahaman kepada masyarakat, untuk membumikan alquran di Rokan Hulu.

‘’Bila program magrib mengaji sudah menggema di 16 desa dan kecamatan se Rokan Hulu. selanjutnya remaja masjid atau anak didik meningkatkan menghafal alquran dengan dilanjutkan memahami isi kandungan alquran itu. Sehingga kedepan akan banyak generasi muda Kabupaten Rohul yang menjadi tahfiz dan tahfizah,’’ ujarnya didukung dengan sekolah Tahfiz yang ada di Rohul.

Dia menghimbau kepada kepala desa dan camat se Rokan Hulu, agar menggiatkan program magrib mengaji. Dengan mengaktifkan dan memfungsi remaja masjid yang ada. Sehingga masyarakat sadar untuk meningkatkan belajar membaca dan emmahami alquran usai salat magrib  dimasjid.

‘’Sangat penting membaca, belajar dan memahami isi kandungan Alquran. Kalau sudah dijalan, artinya itu semua tuntutan hidup untuk berhasil didunia dan akhirat. Sangat penting bagi generasi muda, dengan membaca dan memahami isi alquran, dapat mengurangi dan menghindari perbuatan tercela dan dilarang seperti narkotika dan kenakalan remaja,’’ harapnya.

Sukiman berharap, momentum peringatan Nuzulul Quran ini, dijadikan semangat dan spirit bagi ASN dan pegawai untuk melaksanakan tugas pemerintahan di kabupaten Rohul yang lebih baik. Terutama dalam meningkatkan kinerja dan pelayanan terhadap masyarakat dalam rangka memajukan pembangunan di Negeri Seribu Suluk. (Adv/Humas)
 


TULIS KOMENTAR

BERITA TERKAIT