Nelayan Panipahan Terima Alat Tangkap Iklan

Jumat, 01 Juni 2018 - 00:27:15 WIB
Share Tweet Google +

loading...

Metroterkini.com - Dinas Perikanan Kabupaten Rokan Hilir, Provinsi Riau memberikan bantuan alat tangkap nelayan jenis rawai kepada Kelompok Usaha Bersama (KUB) Rawai Mentari  Kecamatan Pasir Limau Kapas, Kabupaten Rokan Hilir, di Kantor UPT Perikanan setempat, Kamis (31/5/2018).

Kepala Dinas (Kadis) Perikanan Kabupaten Rokan Hilir, M Amin melalui Kepala Bidang (Kabid) alat tangkap, Edi Azriadi S.Pi mengatakan bantuan alat tangkap jenis rawai yang berikan itu baru perdana kali diberikan kepada nelayan Rokan Hilir.

Menurutnya, para nelayan rawai yang selama ini belum mendapatkan bantuan diharapkan dengan bantuan ini supaya nanti bisa meningkatkan pendapatan para nelayan itu sendiri.

"Jadi yang kita bantu ini nelayan yang udah punya, artinya  nelayan yang betul-betul udah punya rawai sendiri,” kata Edi Azriadi didampingi Kepala Cabang UPT Perikanan Pasir Limau Kapas, Deni Arif S.Pi dan Penghulu Panipahan Kota Edy Syahrial.

Dengan adanya penambahan alat tangkap ini katanya otomatis diharapkan nanti hasilnya akan lebih meningkat lagi.

Dijelaskan,  bantuan itu diberikan berdasarkan kelompok nelayan yang masing-masing kelompok kemarin mengajukan proposal kepada dinas perikanan Rokan Hilir.

Tahun 2018 ini baru proposal yang diajukan nelayan baru terealisasi. Namun untuk tahapan selanjutnya masih dalam proses pengadaan barang dan jasa. “Kalau yang ini rawai,  nanti kalau yang itu nanti mungkin pengadaan jaring,” sebutnya.

Selain memberikan bantuan, pihak perikanan akan melakukan pembinaan kepada nelayan-nelayan masyarakat kecil sesui dengan tugas pokok dan fungsi yang diberikan.

Jadi nanti akan kita evaluasi lagi, petugas petugas kita dilapangan akan mengevaluasi sejauh mana keberhasilan daripada program ini dan sejauh mana masyarakat nelayan dapat menambah daripada hasil sesui pemberian bantuan itu,” kata mantan Kabid Budaya Perikanan tersebut.

Adapun bantuan alat tangkap jenis rawai yang diberikan kepada kelompok nelayan Rawai Mentari yakni mata pancing sebanyak 130 kotam, tali ris (tali utama) sebanyak 260 kilo gram, pelampung besar sebanyak 130 buah, tali perambut sebanyak 130 gulung, dan ember (bakul) sebanyak 65 buah.

Ketua Kelompok Usaha Bersama (KUB) Rawai Mentari, Ramli Siahaan turut mengucapkan terimakasih kepada Dinas Perikanan Rokan Hilir atas bantuan yang diberikan.

Kami turut mengucapkan terimakasih kepada pihak Dinas Perikanan Rokan Hilir atas bantuan yang sudah diberikan, kepada kami,” kata pria jangkung yang akrab disapa Pak Jones itu.[mus]
 

loading...

TULIS KOMENTAR

BERITA TERKAIT