Manfaat Cuka Apel Turunkan Berat Badan

Kamis, 31 Mei 2018 - 20:09:42 WIB
Share Tweet Google +

loading...

Metroterkini.com - Cuka apel biasa digunakan untuk menambah cita rasa pada masakan sayur atau baso. Selain itu juga sebagaian orang meminum cuka apel karena dipercaya  dapat bermanfaat untuk kesehatan dan kecantikan. Aroma cuka apel khas ada aroma apel mirip dengan cuka putih yang tawar. Cuka apel sudah dimanfaatkan untuk kesehatan sejak ribuan tahun lalu di benua eropa. Cuka apel adalah hasil fermentasi sari buah apel. Beberapa bahan lainnya yang membantu proses terbentuk cuka apel yaitu probiotik, enzim, dan mineral. 1 sdm makan cuka apel mengandung 3 kalori dan 0 karbohidrat.

Jika Anda ingin membuat cuka apel sendiri dirumah, ikut tutorial berikut.

Cara membuat cuka apel yaitu:

Belah-belah buah apel lalu dihancurkan, bisa menggunakan blender atau ditumbuk.
Peras ambil airnya, selanjutnya tinggal difermentasikan disimpan dalam wadah yang tertutup rapat selama 1 bulan.
Cuka apel telah jadi dan siap digunakan dengan ciri warna air berubah menja agak kecoklatan disertai aroma menyengat.

Manfaat Cuka Apel Untuk Diet
Berdasarkan hasil penelitian menyatakan bahwa cuka apel dapat menurunkan berat badan. Cara diet dengan cuka apel dapat dengan mudah dilakukan dirumah. Khasiatnya sudah telah terbukti mampu menurunkan berat badan, karena alasan berikut ini.

Melancarkan Pencernaan di Usus
Cuka apel mengandung serat larut air dan pectin yang bermanfaat untuk melancarkan saluran pencernaan di usus. Dengan begitu usus bergerak stabil dan mengeluarkan racun dalam usus sehingga mampu membantu menurunkan berat badan.

Meningkatkan Metabolisme
Mengkonsumsi cuka apel dipercaya dapat meningkatkan sistem metabolisme tubuh. Para pakar menyarankan untuk meminum 2-3 sdm cuka apel sebelum makan untuk diet Anda. Encerkan dengan air akan membantu mengurangi rasa asam yang meyengat.

Nafsu Makan Berkurang
Berdasarkan hasil penelitian di Jepang pada tahun 2006 menyatakan bahwa dengan mengkonsumsi 30 ml cuka apel tiap hari dapat menurunkan berat badan karena setelah meminumnya nafsu makan Anda akan berkurang. Dengan ini maka mampu mengatasi dan mencegah terjadinya obesitas.

Mencegah penimbunan lemak
Manfaat cuka apel untuk diet Berdasarkan penelitian dari Journal Of Agricultural and Food Chemustry membuktikan bahwa cuka apel dapat mencegah terjadinya penimbunan lemak dalam tubuh sehingga mencegah penembahan berat badan.

Berkeringat lebih sering
Setiap orang yang meminum cuka apel akan mengalami proses berkeringat yang tidak biasa, hal ini karena terjadi pembakaran lemak dalam tubuh..

Menurunkan gula darah
Penelitaan mencatat dengan meminum cuka apel secara rutin dibarengi dengan pola diet sehat maka mampu menurunkan berat badan sampai 8 kg dalam waktu 1 bulan. Hal ini karena selain membakar lemak juga dapat menurunkan kda gula darah dalam tubuh. Sehingga cocok juga dikonsumsi oleh penderita diabetes.

Mengandung asam asetat
Dalam cuka apel mengandung asam asetat yang berfungsi untuk pembakaran lemak dalam tubuh menjadi lebih cepat dari biasanya.

Mempercepat menurunnya berat badan
Cuka apel baik sekali dijadikan salah satu alternatif untuk membantu program diet Anda. Mengkonsumsinya tidak harus secara langsung, tapi cukup ditambahkan pada sayur. Kombinasi sayur dan cuka apel yang kaya akan serat semakin mantap untuk mempercepat turunnya berat badan.

Makan jadi lebih cepat kenyang

Berdasarkan penelitian menyatakan bahwa orang yang mengkonsumsi roti ditambah cuka apel akan lebih kenyang dibandingkan dengan orang yang hanya memakan rotinyanya saja. Boleh Anda coba ya!

Membakar lemak
Seperti yang dibahas diatas bahwa dengan mengkonsumsi cuka apel dapat membantu proses pembakaran lemak menjadi lebih cepat. Apalagi jika dibarengai dengan olahraga

Itulah manfaat cuka apel untuk diet. Lihat juga Manfaat Jahe Untuk Membantu Program Diet. [*manfaat]


TULIS KOMENTAR

BERITA TERKAIT