Susu Kecoa Disebut Lebih Kaya Nutrisi Ketimbang Susu Sapi

Rabu, 30 Mei 2018 - 14:18:04 WIB
Share Tweet Google +

loading...

Metroterkini.com - Kecoa menjadi mimpi buruk sebagian besar orang, apalagi ketika makhluk purbakala itu terbang. Hampir pasti semua orang akan berusaha menghindar bahkan membunuhnya. Banyak juga yang mempertanyakan apa gunanya sih kecoa hidup di bumi?

Sekelompok peneliti di Institute for Stem Cell Biology and Regenerative Medicine di India, mengungkapkan fakta mengejutkan. Ternyata, susu kecoa, atau cairan post-natal, dinyatakan sebagai salah satu superfood yang baik.

Dalam laporan yang diterbitkan di Journal of the International Union of Crystallography, susu kecoa diklaim memiliki banyak manfaat nutrisi. Salah satu spesies kecoa yang diklaim punya banyak manfaat itu adalah kecoa pasifik.

“Kristal yang dihasilkan itu seperti sebuah sumber makanan yang komplet. Mereka mengandung protein, lemak, dan gula. Jika ingin mencari protein, susu kecoa mengandung banyak asam amino,” tukas seorang peneliti bernama Sanchari Banerjee, mengutip dari Independent, Rabu (30/5/2018).

Para peneliti bahkan dengan percaya diri mengatakan bahwa satu tetes kristal itu mengandung lebih dari tiga kali lipat energi dari susu hasil perahan sapi dalam jumlah yang sama. Namun, susu kecoa tidak mudah didapat. Selain seekor kecoa akan mati ketika menghasilkannya, dibutuhkan lebih dari ribuan ekor hanya untuk satu gelas susu saja.

Akan tetapi, perusahaan asal Afrika Selatan, Gourmet Grubb, tidak berputus asa. Mereka berusaha untuk memproduksi serta menjual es krim imitasi dari ‘entomilk’ atau susu yang dihasilkan dari serangga yang dibudidayakan secara berkelanjutan.

“Entomilk punya keunggulan yakni berkelanjutan, ramah terhadap alam, penuh nutrisi, bebas laktosa, nikmat, dan bebas dari rasa bersalah telah mengonsumsinya di masa depan,” tulis Gourmet Grubb di situs resminya dilansir Okezone.

Mereka mengklaim Entomilk mengandung protein yang tinggi dan kaya akan zat besi, zinc, dan kalsium. Klaim tersebut segera mendapat sergahan dari beberapa ahli. Meski serangga memang punya nutrisi yang baik bagi manusia, tidak lantas dijadikan sebagai makanan utama.

Ahli diet bernama Jo Travers mengatakan, hanya karena susu atau superfood itu mengandung banyak nutrisi, bukan berarti manusia harus berburu dan mengonsumsinya. Sebab, menurutnya masih banyak makanan lain yang dapat menjadi sumber asam amino dan nutrisi lainnya yang berguna untuk tubuh manusia.

Ahli nutrisi bernama Martina Della Vedova berpikir sedikit di luar kebiasaan. Ia yakin studi lebih lanjut harus dilakukan terhadap klaim susu dari serangga tersebut guna mengungkap dampak pada tubuh manusia. [oze]


TULIS KOMENTAR

BERITA TERKAIT