Laguna Ini Bercahaya Biru Jika Airnya Disentuh

Senin, 28 Mei 2018 - 00:15:21 WIB
Share Tweet Google +

loading...

Metroterkini.com - Sebuah laguna di Falmouth, Jamaika punya keajaiban ketika malam. Laguna ini akan bercahaya biru indah ketika airnya disentuh, inilah Glistening Waters.

Glistening Waters atau Luminous Lagoon merupakan laguna unik yang ada di Kota Falmouth, 138 km dari Ibukota Kingston, Jamaika. Saat siang hari, laguna ini akan terlihat kumpulan air biasa.

Namun pada malam hari, wisata sebenarnya pun dimulai, seperti yang dikumpulkan detikTravel dari berbagai sumber, Minggu (27/5/2018). Glistening Waters dipenuhi dengan kapal-kapal wisata. Kenapa begitu?

Saat cakrawala berganti bintang dan bulan, laguna ini akan mengeluarkan warna biru indah. Eits, bukan sulap bukan juga sihir, ini merupakan fenomena bioluminescence.

Di dalam laguna terdapat dinoflagellata yang menghasilkan cahaya. Termasuk ke dalam organisme uniseluler, makhluk ini sebenarnya terdapat di semua perairan. Namun Glistening Waters punya dinoflagellata yang Bioluminescence atau mengeluarkan cahaya.

Jadi organisme ini akan mengisi cahaya pada siang hari. Semakin cerah cuacanya akan semakin bagus cahayanya pada malam hari. Namun jika cuaca mendung atau turun hujan di siang hari maka cahaya dari organisme ini akan redup atau sama sekali hilang.

Cahaya yang dikeluarkan merupakan bentuk pertahanan diri organisme. Jadi kamu bisa melihat cahayanya kalau kamu berenang atau ada gerakan di dalam laguna.

Tak perlu takut, karena nyemplung ke dalam laguna ini aman. Kamu hanya perlu berenang atau bergerak di dalam air untuk melihat cahaya biru nan cantik. Kalau bisa hindari menggunakan kosmetik seperti sunblock karena akan membunuh organisme.

Di balik cantiknya cahaya biru dari laguna ini, Glistening Waters juga memiliki mitos dari warga sekitar. Bagi wanita yang mandi di laguna ini dipercaya akan awet muda, sedangkan pria akan menambah ukuran vital dan keperkasaan. Kamu penasaran? [dtk]


TULIS KOMENTAR

BERITA TERKAIT