Inilah Penyebab Perempuan Tua Rawan Pengapuran Sendi

Kamis, 24 Mei 2018 - 12:05:13 WIB
Share Tweet Google +

loading...

Metroterkini.com - Menjadi tua adalah hakikat dari setiap makhluk yang bernyawa. Semakin bertambah usia, maka kualitas tubuh akan berubah.

Dari yang tadinya masih balita, kemudian menjadi remaja. Di masa ini, pertumbuhan tubuh semakin membaik. Begitu juga dari remaja ke dewasa, pertumbuhan tubuh semakin matang. Nah, yang paling ditakutkan adalah dewasa menuju lansia. Mereka yang sudah masuk di masa ini, maka khawatir akan penurunan kualitas tubuh.

Salah satu masalah yang biasa muncul adalah nyeri-nyeri di tulang dan sendi. Masalah ini yang kemudian banyak dikeluhkan. Naik tangga sudah susah, pergerakan sudah tidak lagi lincah, bahkan sekadar bangun dari posisi duduk.

Di dunia medis, masalah sendi ini yang banyak terjadi adalah Osteoarthritis (OA). Penyakit ini biasa disebut juga dengan pengapuran sendi. Tapi tahukan Anda kenapa masalah ini bisa muncul?

Dijelaskan Kepala Divisi Hip, Knee, and Geriatric Trauma (HKGT) Orthopaedic Center Siloam Center Siloam Hospitals Kebon Jeruk Dr. dr. Franky Hartono, SpOT(K), pengapuran sendi itu adalah penipisan tulang rawan pada sendi.

Masalah ini biasanya dihadapi mereka yang sudah lanjut usia. "Untuk tahun-tahun yang dulu, masalah ini banyak diderita mereka yang berusia 60 tahun ke atas. Namun, dua tahun belakangan ini, pasien masalah OA sudah dimulai dari yang berusia 40 tahun," kata dr. Franky saat ditemui di RS Siloam Kebon Jeruk seperti dilansir Okezone, Rabu 23 Mei 2018.

Nyeri Lutut

Dr. Franky menjelaskan, tren ini berubah karena semakin sadarnya masyarakat sekarang akan penyakit dan keterbukaan informasi yang akhirnya membuat masyarakat sekarang semakin aware dengan kesehatan tubuhnya. Jadi, bisa dikatakan, orang-orang sekarang tuh sakit dikit atau ada rasa tidak nyaman dengan tubuhnya, maka dia langsung ke dokter. Perubahan yang baik.

Nah, terkait dengan pengapuran sendi, tahu tidak bahwa ternyata penyakit ini adalah penyakit yang "pasti" diderita semua manusia. Hal ini dikarenakan penipisan tulang rawan pada sendi tidak bisa diantisipasi sampai detik ini. Jadi, ya, tinggal menunggu saja kapan masalah ini muncul.

Namun, secara detail, dr. Franky menjelaskan ada beberapa golongan faktor risiko dari masalah ini. Mereka adalah lansia, orang dengan cedera sebelumnya, atau juga perempuan!

Wanita Nyeri Sendi

Ya, perempuan menjadi faktor risiko masalah ini. "Perlu Anda ketahui, perempuan berusia 30 tahun ke atas, hormon estrogennya mulai berkurang. Sampai akhirnya dia menopause, maka masalah ini semakin nyata bagi mereka. Tulang rawan pada sendi tidak lagi mendapat pelumas alami dan kalau sudah begitu, pengikisan pun semakin cepat dan pengapuran sendi semakin mudah terjadi," papar dr. Franky.

Jadi, disarankan bagi setiap perempuan dan mereka yang berusia di atas 30 tahun untuk lebih aware dengan tubuhnya. Jika sudah muncul gejala seperti rasa nyeri dan tidak nyaman pada sendi tulang, sebaiknya periksakan kondisi tersebut pada dokter spesialis. Gejala lain yang bisa terjadi adalah kaki terasa kaku dan bengkak jika kondisinya sudah semakin parah.

Dr. Franky menambahkan, tidak hanya perempuan dan mereka yang sudah berusia lanjut, percepatan pengapuran sendi juga bisa terjadi pada golongan orang yang mengalami masalah berikut ini

Yang pertama adalah orang dengan riwayat cedera. Bagaimana pun, ketika Anda pernah mengalami cedera, maka trauma itu bisa membuat sendi bermasalah. Ya, terkhusus ketika cedera itu terjadi pada bagian sendi tulang.

Kemudian, orang dengan genetik tertentu juga mudah terjadi pengapuran. Khususnya pada mereka yang memiliki tulang kaki X dan O ekstrim. "Ini terjadi karena topangan kaki tidak terjadi dengan seimbang. Pada kondisi kaki tidak normal, topangan beban tubuh biasanya terjadi hanya pada salah satu bagian dan ini menyebabkan pengapuran sendi semakin mudah terjadi," sambung dr. Franky.

Setelah itu, kelompok orang yang rutin mengonsumsi obat-obatan dalam jangka waktu yang panjang juga bisa berisiko lebih tinggi mengalami pengapuran sendi. "Biasanya terjadi pada orang dengan asma, autoimun, dan hypertiroid. Mereka ini kan mesti konsumsi obat secara terus menerus dalam jangka waktu yang panjang, nah, kondisi tersebut membuat pengapuran sendi semakin cepat. Ya, salah satunya karena kandungan obat yang bisa melemahkan sendi," tambahnya. [*]

loading...

TULIS KOMENTAR

BERITA TERKAIT