DPR Minta Keamanan Asian Games 2018 Berstandar Internasional

Sabtu, 19 Mei 2018 - 18:01:04 WIB
Share Tweet Google +

loading...

Metroterkini.com - Ketua DPR Bambang Soesatyo mengusulkan pengamanan berstandar internasional dalam penyelenggaraan Asian Games XVIII di DKI Jakarta dan Sumatera Selatan, pada Agustus 2018.

"Pengamanan pada penyelenggaraan Asian Games, bukan hanya pada venue pertandingan, tapi juga keselamatan kontingen Asian Games," katanya melalui pernyataan tertulisnya, di Jakarta, Sabtu.

Menurut Bambang Soesatyo yang akrab disapa Bamsoet, pengamanan yang harus dilakukan pada penyelenggaraan Asian Games, tidak hanya pada arena pertandingan, tapi juga di luar arena, meliputi pengamanan akomodasi para atlet dan delegasi lainnya, pengamanan transportasi atlet dan delegasi lainnya, serta pengamanan lalu lintas.

Pengamanan juga harus dilakukan, kata dia, pada teknologi informasi Asian Games serta kegiatan kirab obor dan upacara pembukaan.

Politisi Partai Golkar ini mendorong Polri dan TNI dapat bekerja ekstra pada pengamanan Asian Games 2018.

"BSSN (Badan Siber dan Sandi Negara) juga harus aktif terlibat pada pengamanan Asian Games, terutama untuk mengamankan teknologi informasi," katanya.

Bamsoet juga berharap kerja ekstra keras dari Polri dan TNI, seringga aksi teror yang terjadi pada dua pekan ini, tidak terjadi selama penyelenggaraan Asian Games.

Mantan Ketua Komisi III DPR RI itu juga mendorong Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) RI pro-aktif meyakinkan negara-negara calon peserta Asian Games 2018, bahwa Indonesia dalam kondisi aman.

Para Duta Besar RI di mancanegara, kata dia, dapat memberi penjelasan tentang situasi dan kondisi Indonesia yang tetap kondusif meski ada teror bom di Surabaya pada pekan lalu.

"Penjelasan dari para Duta Besar RI ini guna menumbuhkan rasa aman dan percaya kepada kontingen olahraga negara-negara peserta ASIAN Games 2018,? katanya.

Sebelumnya Kementerian Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK) menyelenggarakan rapat koordinasi membahas pengamanan Asian Games 2018.

Rakor pengamanan Asian Games tersebut dihadiri oleh kementerian dan lembaga terkait, maupun Polri, TNI, dan BNPT.[*antara]

loading...

TULIS KOMENTAR

BERITA TERKAIT