Mencari Arah Kiblat Dari Smartphone Tanpa Aplikasi

Kamis, 17 Mei 2018 - 00:48:44 WIB
Share Tweet Google +

loading...

Metroterkini.com - Kiblat merupakan arah kemana umat muslim saat sholat. Untuk mengetahui arahnya secara akurat, begini cara mudah mencari arah kiblat tanpa aplikasi

Kiblat merupakan arah dimana umat muslim melakukan sholat. Kiblat umat muslim adalah Ka'bah yang ada di Masjidil Haram, Mekah, Arab Saudi. Kalau kita sholat di masjid pasti mudah, karena kiblatnya sudah nampak dari penataan masjidnya.

Bagaimana kalau kita sholat di tempat tanpa ada pemberitahuan arah kiblat? Ya kita cari tahu sendiri! Begini cara mencari arah kiblat tanpa aplikasi di smartphone kamu.

Menuju bulan ramadhan Google memiliki fitur khusus untuk para umat muslim. Layanan itu adalah Qibla Finder, sebuah situs yang akan membantu kita dengan mudah menentukan arah kiblat di HP.

Cara kerjanya adalah dengan menghubungkan posisi kamu berdasarkan GPS dengan lokasi Ka'bah yang ada di Mekah. Untuk bisa menentukan arah kiblat kamu, begini caranya :

Pertama buka aplikasi browser dan masukkan alamat qiblafinder.withgoogle.com atau kamu bisa klik disini. Di halaman pertama langsung saja tap Ayo, setelah itu kamu akan diminta untuk menyetujui akses GPS dan juga kamera. Pilih OK untuk lanjut proses menenutkan arah kiblat.

Selanjutnya adalah permintaan akses kamera, pilih Ijinkan. Setelah itu kamu bisa memilih kamera depan atau belakang. Jaka sarankan kamera belakang saja lalu tap OK.

Setelah itu adalah ijin akses lokasi atau GPS. Pilih Ijinkan agar kamu bisa menentukan arah kiblat dengan akurat.

Lalu kamu akan masuk ke halaman kompas kiblat. Biasanya akan muncul rekomendasi untuk melakukan Kalibrasi Kompas. Tap saja opsi tersebut lalu ikuti petunjuk yang diberikan. Jika sudah selesai tap selesai.

Nah sekarang kamu bisa mulai menentukan arah kiblat kamu. PERHATIKAN! Pastikan posisi titik putih tepat di tengah-tengah ya guys. Hal itu untuk mendapat posisi yang paling akurat. Arah kiblat kamu akan ditunjukkan dengan penanda arah berwarna biru.

Demikian cara menentukan arah kiblat di smartphone tanpa aplikasi. Layanan ini bisa kamu pakai saat mudik nanti, jadi tidak perlu takut kehilangan arah kiblat saat perjalanan. Semoga bermanfaat! [**]

loading...

TULIS KOMENTAR

BERITA TERKAIT