STIP Jakarta Diklat Keselamatan Pelayaran di Bengkalis

STIP Jakarta Diklat Keselamatan Pelayaran di Bengkalis

Metroterkini.com - Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran (STIP) Jakarta menggelar Program Diklat Pemberdayaan Masyarakat. Kegiatan tentang pengetahuan dasar keselamatan pelayaran dan kelautan ini digelar di Aula Gedung Utama Politeknik Negeri Bengkalis (Polbeng), itu berlangsung selama 14 hari dan dimulai Rabu 9 Mei kemarin.

Sebanyak 104 orang beerta mengikuti Program gratis ini. Mereka berusia usia 17 sampai 35 tahun. Para peserta ini bisa ikut setelah lulus seleksi yang dilakukan beberapa waktu lalu.

"Program yang selaras dengan nawacita pemerintah untuk memberikan kesempatan kepada masyarakat umum untuk membekali diri tentang keselamatan dan keterampilan mengenai pengetahuan dasar keselamatan diri di bidang pelayaran dan kelautan," Ungkap Afridon selaku ketua jurusan Kemaritiman.

Afridon menambahkan para peserta berasal dari STIP, mahasiswa Jurusan Kemaritiman Polbeng, dan masyarakat umum dari berbagai daerah di Kabupaten Bengkalis. Sebelumnya, pihak STIP telah menyurati Dinas Perhubungan Kabupaten Bengkalis untuk meminta peserta diklat dari wilayah Bengkalis.

"Acara pembukaan kemarin dihadiri Direktur Polbeng, Muhamad Milchan serta 4 orang representatif dari STIP Jakarta, yakni Hadi Permadi, Hendra Gunawan, Vandi Vanado dan Roma Dormawaty yang sekaligus memberikan materi," Jelas Afridon

Setelah pembukaan dan pemberian materi mengenai pelatihan, para peserta akan mengikuti tes kesehatan selama dua hari dan puncaknya akan dilaksanakan pada 15 Mei mendatang dimana para peserta akan praktek di kapal latih milik STIP yang bernama Kapal Latih Mohammad Husni Thamrin.

Lanjut Afridon, Kapal latih ini sudah berlabuh dermaga BLJ Bengkalis pada Kamis 10 Mei kemarin dan kapal ini berfungsi sebagai tempat pendidikan, pelatihan, peragaan dan simulasi di laut. Kemudian juga sebagai kelas untuk kegiatan proses pendidikan dan pengajaran, mengembangkan serta meningkatkan pengetahuan, skill, pemahaman, pengalaman serta attitude dalam rumpun ilmu pengetahuan dan teknologi pelayaran niaga.

"Saat ini ada tiga program pelatihan yang ditawarkan, yakni Security Awarness Training (SAT), Basic Security Training (BST) dan Advanced Fire Fighting (AFF). Para peserta yang lulus akan memperoleh sertifikat sesuai dengan bidang yang diambil ditambah Buku Pelaut," Tutup Afridon. [rudi]

Berita Lainnya

Index