Tips Memilih Makanan Buka Puasa Bebas Zat Berbahaya

Sabtu, 12 Mei 2018 - 15:52:11 WIB
Share Tweet Google +

loading...

Metroterkini.com - Bulan suci Ramadan segera tiba. Berbagai makanan berbuka puasa atau takjil akan bebas dijual di pasaran saat Ramadan nanti. Lalu, bagaimana memilih makanan sehat yang bebas dari kandungan bahan berbahaya seperti boraks, pewarna tekstil bahkan formalin?

Deputi Bidang Pengawasan Pangan Olahan Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM), Suratmono membebeberkan tips atau kiatnya.

Dia mencontohkan kolang-kaling, salah satu makanan paling dicari saat Ramadan. Kolang-kaling alami tanpa bahan berbahaya biasanya warnanya tak terlalu cerah.

"Kolang-kaling yang menggunakan pewarna tekstil itu biasanya akan berpendar kayak lampu neon yang sinarnya enggak setajam lampu biasa, ngejreng itulah artinya berpendar," kata Suratmono kepada Okezone, Jumat kemarin.

Makanan termasuk kolang-kaling yang mengandung bahan berbahaya seperti perwarna tekstil tidak akan mengalami perubahan seusai dimasak.

"Seperti kerupuk, kalau menggunakan pewarna tekstil kalau digoreng akan tetap warnanya sama enggak berubah dan tidak hilang. Tapi sebaliknya kalau pakai murni akan berwarna pucat," terang Suratmono.

Kemudian makanan lembek yang mengandung formalin cendurung berbentuk kaku dan kenyal. "Misalkan formalin digunakan pada tahu, itu kenyal dan setelah digoreng beberapa jam itu tahu akan kaku," tuturnya.

Suratmono meminta masyarakat selektif memilih makanan. Pedagang jug diminta menaati aturan dan tidak menjual barang atau makanan ilegal. [**]

loading...

TULIS KOMENTAR

BERITA TERKAIT