Mengintip Tradisi Unggahan Menyambut Ramadhan 

Sabtu, 12 Mei 2018 - 15:13:46 WIB
Share Tweet Google +

loading...

Metroterkini.com -Sudah menjadi tradisi setiap tahunnya dalam menyambut bulan suci ramadhan, seperti yang dilakukan masyarakat Desa Sungai Anak Kamal Kecamatan Merbau Kabupaten Meranti Riau. Masyarakat disini melaksanakan kegiatan Unggah-Unggahan atau ziarah kubur.

Tahun 2018 kegatan unggah-unggahan atau ziarah kubur di gelar usai pelaksanaaan Sholat Jum'at (11/5/2018) di pemakaman Umum Miftahul Jannah Ula.

Kegiatan ini di ikuti oleh masyarakat yang ada di desa Sungai Anak Kamal. Mereka secara beramai-ramai tumpah ruah menziarahi makam keluarga, leluhur, makam Kyiai, ulama, para sesepuh, juga orang tua serta kerabat keluarganya yang sudah meninggal dunia. Tujuan utama warga adalah membersihkan makam sekaligus membaca kalimah thoyyibah dan mendoakan para arwah.

Kades Sungai Anak Kamal Sutarno menyampaikan kegiatan rutin masyarakat Sungai Anak Kamal Kecamatan Merbau, ini dilakukan setiap akan datangnya bulan suci Ramadhan.

Kegiatan ini di laksanakan se usai sholat Jum’at, masyarakat baik orang tua, kaum ibu, anak anak semua berziarah ke makam orang tua dan juga makam para leluhur atau jeluarganya masing-masing.

Sambil menghadap ke makam orang tuanya beserta seluruh anak anak dari orang tua yang telah meninggal dan para cucunya semuanya mendoakan orang tua nya yang sudah meninggal.

Masih menurut Sutarno, menjelang sholat Ashar, kegiatan itu dilanjutkan dengan kegiatan santunan anak yatim.

"Alhamdulillah ada 4 orang yatim yang mendapat santunan dan per anak satu amplop, berisi tidak kurang dari Rp. 500.000,- usai santunan bersama-sama melaksanakan sholat Ashar berjamaah," tambahnya.

Usai sholat Ashar berjamaah, kemudian para jamaah mengikuti acara kenduri bersama makan nasi ambeng dan kue mueh yang dibawa oleh masyarakat, secara suka rela.

"Kita berharap dengan santunan anak yatim, bacaan kalimah-kalimah thoyyibah selain kampung kita akan terasa sejuk, nyaman, dan dengan penuh harap rahmat Allah SWT senantiasa tercurah atas masyarakat Sungai Anak Kamal," kata Ustadz Sudarman selaku salah satu tokoh Agama di Sungai Anak Kamal. [ant]

loading...

TULIS KOMENTAR

BERITA TERKAIT