Manfaat dan Efek Samping Konsumsi Daging

Jumat, 04 Mei 2018 - 09:28:34 WIB
Share Tweet Google +

loading...

Metroterkini.com - Berikut ini adalah manfaat mengkonsumsi daging secara umum, ketahui juga efek samping daging jika dikonsumsi berlebihan. Kandungan protein yang terkandung pada daging memiliki unsur hewani yang harus di cukupi asupannya hariannya. Meskipun tidak sedikit orang yang beralih untuk mencukupi asupan hariannya ke dalam jenis protein nabati seperti kacang hijau, kacang merah, kacang kedelai atau kacang lainnya. Lihat juga sumber protein lainnya.

1 Jenis Daging
2 Kandungan Gizi pada Daging
3 Manfaat Daging Secara Umum
3.1 Mengandung Protein
3.2 Mengandung Zat Besi
3.3 Mengandung Sumber Vitamin
3.4 Mengandung Lemak
4 Efek Samping Daging Jika Dikonsumsi Berlebih

Jenis Daging
Ada beberapa jenis daging yang bisa kita ketahui seperti daging merah dan daging putih.

Daging merah
Jenis daging merah ini bisa kita temui pada daging babi, daging domba, daging kuda, daging kambing, dan daging sapi.

Daging putih
Sedangkan daging putih ini bisa kita temui pada ikan, ayam, dan masih banyak yang lainnya seperti daging kelinci.

Kandungan Gizi pada Daging
Mineral
Kolestrol
Kalori
Lemak
Sumber Vitamin
Zat besi
Protein

Banyak mitos yang menyatakan bahwa daging dapat menaikan kadar kolestrol sehingga dapat memicu gejala penyakit jantung. Dalam hal ini, memang terindikasi bahwa kandungan lemak jenuh pada daging dapat menyebabkan kadar kolestrol tinggi, namun hal ini tidak akan terjadi jika mengkonsumsinya tidak berlebihan, sehingga anda akan nyaman untuk mengkonsumsinya. Apalagi jika menyeimbangkan dengan mengkonsumsi buah dan sayur-sayuran yang kaya akan seratnya.

Manfaat Daging Secara Umum
Mengandung Protein
Kandungan protein yang terkadung dalam daging bermanfaat untuk membangun jaringan pada tubuh menjadi Anti bodi, sehingga kita akan lebih kuat dalam melakukan berbagai macam aktifitas serta dapat menghindari terjangkitnya penyakit. Adapun kandungan Asam amino esensial yang terkandung dalam daging merupakan zat yang terbaik jika dibandingkan dengan zat yang lainnya. Adapun manfaat dari protein ini yaitu untuk membentuk otot dan massa tulang, karena otot berisi dan kuat merupakan fungsi utama dari mengkonsumsi daging.

Mengandung Zat Besi
Kandungan zat besi yang terkandung da;am daging cukup melimopah, sehingga dalam pembentukan sel darah merah akan lebih maksimal dan optimal. Zat besi yang terkandung pada daging ini berfungsi untuk menghindari gejala anemia. Disarankan bagi anda untuk mengkonsumsi daging ini dengan sayur-sayuran seperti brokoli, buncis, danbayam dengan tujuan untuk membantu dalam penyerapan yang optimal. (Baca juga: manfaat zat besi begi tubuh)

Mengandung Sumber Vitamin
Kandungan Vitamin yang terkandung pada daging ini seperti Vitamin A, vitamin B, dan vitamin D yang berfungsi untuk memberi bantuan pada sistem saraf serta membantu pada sistem kesehatan gigi, tulang, dan kulit.

Mengandung Lemak
Lemak sangat di butuhkan tubuh untuk memproduksi energi, sehingga dapat melakukan aktifitas sehari-hari dengan penuh extra. Selain itu, kandungan lemak pada daging ini berfungsi untuk membantu dalam membentuk protein bagi tubuh.

Khasiat yang utama dengan mengkonsumsi daging ini yaitu sebagai sumber energi untuk melakukan berbagai macam aktifitas atau olah raga. Namun ada beberapa pantangan bagi anda yang suka mengkonsumsi daging jika memakannya secara berlebihan, yaitu akan berdampak pada kesehatan jantung dan gejala stroke untuk daging tertentu.

Efek Samping Daging Jika Dikonsumsi Berlebih
Dibawah ini akan saya rangkum beberapa jenis daging yang harus anda waspadai sebagai berikut.

Mengkonsumsi daging udang secara berlebihan akan berdamopak pada gejala kolestrol dan alergi
Mengkonsumsi daging cumi dan kepiting secara berlebihan akan berdampak pada gejala kolestrol
Mengkonsumsi daging sapi secara berlebihan akan berdampak gejala kolestrol
Mengkonsumsi daging kambing secara berlebihan akan berdampak gejala kolestrol dan darah tinggi.
Namun terlepas dari itu, daging mengandung kaya akan Nutrisi yang sangat baik untuk kesehatan tubuih, asalkan mengkonsumsinya tidak berlebihan.

Semoga informasi ini bermanfaat dan berguna untuk anda yang membutuhkannya. [*manfaat]

loading...

TULIS KOMENTAR

BERITA TERKAIT