Beruang Terkam Petani di Rohul, BBKSDA Pantau Lokasi

Rabu, 18 April 2018 - 11:39:12 WIB
Share Tweet Instagram

Metroterkini.com - Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Riau menurunkan petugas ke lokasi warga yang diterkam beruang di Sungai Langsing, Desa Cipang Kiri, Kecamatan Rokan IV Koto, Rokan Hulu (Rohul), Riau.

Juru bicara BBKSDA Riau, Dian Indriati mengatakan, saat ini tim penanganan konflik beruang berkoordinasi dengan kepolisian setempat, karena beruang telah kembali ke hutan. "Petugas seksi KSDA wilayah III Duri akan memantau keberadaan beruang dan memastikan tidak kembali menyerang warga," tutur Dian, Rabu (18/4/2018). 

Pihaknya mengimbau warga untuk berhati-hati saat beraktivitas di kebun dan tidak bekerja seorang diri. "Kita menyarankan, terlebih dahulu menyiapkan semacam lonceng untuk membunyikan suaranya sebelum memulai kerja," imbau Dian.

Sebelumnya, dua ekor beruang menerkam warga di Dusun Dusun Lubuk Ulat, Desa Cipang Kiri, Kecamatan Rokan IV Koto, Minggu (15/4/2018) sekitar pukul 08.00 WIB. 

Korban bernama Dasril (38) itu diterkam saat menuju kebun karet. Korban mengalami luka di bagian paha akibat gigitan beruang. Sebelum diterkam, korban sempat berduel dengan salah satu beruang. Beruang tersebut mengalami luka di kepala karena terkena parang korban. 

Namun, satu beruang lainnya menerkam korban. Beruntung korban selamat karena beruang langsung lari ke semak di kebun karet seusai menyerang. Korban saat ini masih dirawat di RS Ujung Batu, Rohul, karena luka pada pahanya cukup parah. [*kompas]


TULIS KOMENTAR

BERITA TERKAIT