Waspada Oli Palsu, Bisa Rusak Mesin Mobil Anda

Jumat, 13 April 2018 - 13:58:31 WIB
Share Tweet Google +

loading...

Metroterkini.com - Walau sudah berusaha dihentikan pakai berbagai cara, peredaran oli mesin palsu tetap banyak di pasaran. Salah satu pemain besar oli di Indonesia, MPM Lubricants, menyatakan, produsen oli palsu tersebut merupakan musuh negara. “Oli palsu ini menjadi hal yang serius, karena mereka enggak bayar pajak, itu yang pertama. Kedua, kualitasnya tidak bisa dipertanggungjawabkan,” kata Patrick Adhiatmadja, Presiden Direktur PT Federal Karyatama (MPM Lubricants), di Jakarta, Rabu (12/4/2018). Dua hal itu dianggap sebenarnya sudah cukup memvonis atau mencegah pemalsuan. 

Menurut Partrick pihaknya sudah pernah melakukan tindakan penggeledahan bersama aparatur terkait sampai memproduses pemalsu oli ke pengadilan. “Tapi yang lebih penting adalah memberikan edukasi (ke konsumen), bagaimana mereka ikut berperan serta menentukan apakah kendaraannya mau diisi oli palsu. Karena banyak survei, mengatakan, sedikit sekali konsumen yang memegang botol oli, memeriksanya, sebelum diisi ke kendaraannya,” ucap Patrick.

Kurangnya interaksi konsumen dengan produk oli saat pembelian atau servis merupakan celah permainan oli palsu. Kalau sudah kejadian seperti itu, sudah pasti konsumen yang rugi karena penggantian oli tidak sesuai ekspektasi. Pengecekan produk sebelum pemakaian disadari kurang oleh MPM Lubricants. Sebab itu produsen Federal Oil dan Federal Mobil ini menjelaskan sudah menjadi bagiannya untuk mengedukasi hal tersebut ke masyarakat agar jangan dilakukan. Pemakaian oli palsu pada kendaraan bisa menyebabkan kerusakan secara perlahan, maka untuk mengantisipasinya jika kita menservice kendaraan perhatikan dengan sebaik-baiknya oli yang digunakan untuk kendaraan anda. [*kompas]


TULIS KOMENTAR

BERITA TERKAIT