Jangan Percaya Isu, OJK Pastikan BRK Sangat Sehat

Senin, 09 April 2018 - 22:38:37 WIB
Share Tweet Google +

loading...

Metroterkini.com - Isu Bank Riau Kepri sedang "bermasalah" di tepis kepala Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Riau. Bank Riau Kepri dipastikan sehat dan akan terus tumbuh berkembang.

Menurut Kepala OJK Riau, Senin (9/4/18) perbankan itu sangat sensitif terhadap isu negatif dan bisa mempengaruhi kinerja. Untuk itu informasi yang salah sangat mempengaruhi pertumbuhan BRK.

"Pertumbuhan kredit BRK dalam 5 tahun terakhir sebesar 30,17 persen dengan Non Performing Loan (NPL) hanya 1,11 persen," terangnya. 

Yusri tidak melihat sinyal bahwa BRK akan bankrut. Disisi modal dan laba masih bagus. Ia yakin, BRK akan terus tumbuh dan berkembang tentunya dengan pengawasan yang kuat dan dukungan masyarakat semakin tinggi. 

"Kami akan meningkatkan pengawasan terhadap Bank Riau Kepri," katanya.

Sementara Komisi III DPRD Riau menghimbau masyarakat untuk tidak khawatir atas beredarnya informasi jika Bank Riau-Kepri (BRK) diproyeksikan akan bangkrut. Dari laporan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) saja, kondisi keuangan BRK cukup baik. 

"Kami Komisi III menyampaikan kepada masyarakat tidak perlu khawatir dan tetap jadi nasabah. BRK dapat reward dan laba, dari tahun ke tahun asetnya meningkat," kata Erizal Muluk, Ketua Komisi III kepada wartawan, Senin (09/04/18).

Dari hasil hearing Komisi III dengan OJK beberapa hari yang lalu, kondisi keuangan dan kemajuan BRK dari modal dan laba, berkembang sangat baik serta tidak menemui kendala.  

"Kalau memang begitu kondisinya seperti yang disebutkan akan bangkrut tentulah para pemegang saham sudah melakukan RUPS. Kita cuma 39 persen, bagaimana dengan pemilik saham lainnya, maka kita menghimbau masyarakat tidak ada satu pun hal yang menganggu kinerja BRK saat ini," jelasnya. 

Hal senada juga dikatakan M Arpah, Wakil Ketua Komisi III. 

Ia pun menceritakan, dalam hearing ia sempat menanyakan bagaimana kondisi BRK kepada OJK selaku lembaga independen yang bertugas melakukan pengaturan dan pengawasan kepada bank-bank, termasuk BRK. 

"Penjelasan OJK untuk BRK tidak ada persoalan yang siginifikan, saya sempat bertanya ,apakah BRK sehat atau tidak, menurutnya BRK sehat, berarti sampai hari ini hasil yang disampaikan OJK sesuai tupoksinya adalah fakta," uajrnya. [***]
 


loading...

TULIS KOMENTAR

BERITA TERKAIT