Aplikasi ChatWatch Bisa Mata-matai Pengguna WhatsApp!

Rabu, 04 April 2018 - 00:11:08 WIB
Share Tweet Google +

loading...

Metroterkini.com - Para pengguna internet dikejutkan dengan kehadiran sebuah aplikasi yang dapat memata-matai para pengguna WhatsApp. Aplikasi bernama ChatWatch ini ditenggarai dapat mengetahui kapan pengguna WhatsApp dapat mengobrol dan dapat mengetahui apakah pesan mereka sudah dibaca atau tidak.

Mengutip dari okezone, Selasa (3/4/2018), aplikasi yang saat ini hanya dapat berjalan di iOS ini mengatakan bahwa mereka dapat melihat status online atau offline publik WhatsApp.

Hal ini tentunya sedikit menyeramkan dikarenakan dengan menggunakan aplikasi ini, orang lain dapat mengetahui kebiasaan tidur pengguna. Pengguna ChatWatch juga dapat melihat apakah seseorang sedang melakukan percakapan dengan orang lain.

Yang parahnya lagi, para pengembang pun menegaskan jika para pengguna WhatsApp pun tidak bisa melakukan apa-apa untuk membendung fitur ChatWatch ini. Meski telah mematikan fitur ‘Last Seen’ di aplikasi WhatsApp, ChatWatch masih dapat membaca data pengguna.

Namun, untuk mendapatkan fitur tersebut, pengguna dibebankan biaya. Namun dengan harga yang ditawarkan, yakni sebesar USD2 atau sekira Rp27 ribu per nomor selama satu minggu, tampaknya akan banyak pengguna internet yang memasang dan membeli fitur tersebut.

Akan tetapi, melihat bahaya yang dapat ditimbulkan oleh ChatWatch, pihak Apple pun melakukan tindakan. Mereka pada akhirnya menurunkan aplikasi tersebut dari App Store belum lama ini.

“Untuk alasan yang tidak kami ketahui, Apple telah menangguhkan aplikasi kami dari App Store. Kami sedang mengerjakan versi web untuk diluncurkan dalam beberapa hari, dan mendiskusikan keputusan yang diambil Apple,” tulis perwakilan ChatWatch.

Sayangnya, melihat apa yang bisa dilakukan oleh aplikasi ini, pihak WhatsApp belum memberikan komentar atau meluncurkan pembaruan untuk menangkal hal tersebut. Hal ini dikarenakan para pengguna platform mereka pastinya sedikit takut akan kemampuan dari aplikasi ChatWatch yang dapat memata-matai mereka. [*]


TULIS KOMENTAR

BERITA TERKAIT