Tahun Pertama Mengaspal, Xpander Borong Penghargaan

Senin, 02 April 2018 - 12:06:58 WIB
Share Tweet Google +

loading...

Metroterkini.com - Sejak pertama kali diluncurkan di GIIAS pada Agustus 2017 lalu, mobil Small MPV perdana dari Mitsubishi Motors Indonesia sudah mencuri perhatian para pengunjung. Setelah membawa pulang gelar “Favorite Car” di GIIAS 2017 dan “New Kid on The Road of The Year” dari ICar Asia People’s Choice Award beberapa bulan silam, Rabu (28/3/2018) lalu Xpander memperoleh predikat “Car of The Year” di ajang 11th Otomotif Award dari redaksi Tabloid Otomotif. 

Tak hanya itu, mobil ini juga diganjar dengan predikat “Best of The Best MPV”, dan “Best Low MPV” pada ajang yang yang sama. Ajang tersebut menilai, Xpander memenuhi berbagai kriteria yang diminta untuk menjadi “Car of The Year”. Adapun kriteria tersebut berupa desain, fitur, performa, handling, konsumsi bahan bakar, harga, dan faktor kebaruan. 

Semuanya telah dievaluasi dan diuji dengan metode penilaian khusus. “Selain itu redaksi Otomotif Tabloid juga mempertimbangkan berbagai aspek seperti antara lain penerimaan masyarakat, termasuk penjualan, engagement dengan konsumen termasuk komunitas dan juga value for money terbaik untuk konsumen,” ujar Panji Maulana, Pemimpin Redaksi Otomotif Tabloid. 

Dari segi penjualan, Small MPV ini terbukti mampu bersaing. Tercatat angka pemesanan kendaraan mencapai sekitar 60.000 unit per Februari 2018 dan menduduki peringkat teratas segmen small-MPV dengan total wholesale 14.479 unit pada periode Januari-Februari 2018. Bagi Presiden Direktur PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) Kyoya Kondo, pencapaian tersebut merupakan salah satu catatan baik di tahun 2017. 

Keunggulan Mitsubishi Xpander pun diakui di sisi keamanannya. Dilansir dari ASEAN New Car Assesment Program (NCAP), Xpander menjadi Small MPV pertama yang diuji oleh ASEAN NCAP dan mendapat predikat empat bintang. 

Secara keseluruhan, Xpander meraih skor 71,66 poin yang terdiri dari tiga kategori. Dalam kategori Perlindungan Orang Dewasa (Adult Occupant Protection), Xpander meraih 39,08 poin. Sementara di kategori Perlindungan Penghuni Anak (Child Occupant Protection) dan kategori Safety Assist Technology  masing-masing 18,69 dan 13,89 poin. 

“Xpander merupakan MPV pertama yang diuji oleh ASEAN NCAP berdasarkan protokol baru untuk 2017-2020, dan menunjukan kinerja baik dalam penilaian yang lebih ketat ini. Ini menunjukan bahwa Mitsubishi Motors berdedikasi untuk menghasilkan mobil yang lebih aman untuk kawasan ASEAN sesuai dengan protokol keselamatan kami yang baru,” tutur Sekretaris Jenderal ASEAN NCAP Khairil Anwar Abu Kassim. 

Tak hanya itu, Xpander juga ditargetkan untuk berekspansi. Rencananya, Filipina bakal menjajal mobil favorit ini pada bulan Mei mendatang, sementara negara-negara ASEAN lainnya dijadwalkan akan menyusul di tahun yang sama. Tahun ini, untuk memenuhi permintaan konsumen di Indonesia maupun pasar ekspor, saat ini kapasitas produksi pabrik Xpander pun telah ditingkatkan hingga 10,000 unit per bulan. 

Keistimewaan mobil berjargon “Your Next Generation MPV” ini terletak pada konsep yang matang. Menjagokan diri sebagai mobil keluarga, Mitsubishi Xpander mengedepankan desain yang atraktif mengkombinasikan ketangguhan eksterior dan interior yang futuristik dan mewah. Hal itu terpancar dari desain Dynamic Shield dan kulit luar yang kuat dan kokoh. Sementara jika ditengok ke dalam, didapati ruang kabin lapang nan nyaman yang merupakan yang terbesar di kelasnya. 

Interiornya pun bukan sekadar pajangan. Tersedia banyak tempat penyimpanan serbaguna, lubang pengisi daya, serta sistem hiburan yang mumpuni. Semua itu menunjang kenyamanan dan keamanan berkendara yang stabil, nyaman, bertenaga, namun tetap efisien. [***]


TULIS KOMENTAR

BERITA TERKAIT