Istiqlal, Masjid Termegah Hasil Didesain Non Muslim

Ahad, 01 April 2018 - 23:27:04 WIB
Share Tweet Google +

loading...

Metroterkini.com - Masjid terbesar di Asia Tenggara ini Ide awalnya oleh KH. Wahid hasyim (menteri agama di tahun 1950) dan Anwar Cokroaminoto. Di tahun 1953 disusunlah panitia pembangunan mesjidnya yaitu Pak Anwar Cokroaminoto, beliau memberitahu rencana ini kepada Presiden saat itu yaitu Ir. Soekarno dan mendapat sambutan yang hangat.

Pada tahun 1954, Ir Soekarno diangkat menjadi Kepala bagian teknik oleh panitia pembangunan masjid Ostoqlal, beliau juga menjadi juri dalam sayembara membuat gambar dan Maket Istiqlal yang akan dibangun itu. Diikuti oleh 27 peserta tapi hanya 22 orang yang memenuhi persyaratan.

Dikerucutkan lagi menjadi 5 orang, sampai akhirnya yang terpilih adalah Arsitek F Silaban.F Silaban merupakan arsitek kelahiran Bonandolok, Sumut, 16 Desember 1912. Ia merupakan anak pendeta miskin, yang telah mendesain Mesjid Istiqlal, dan diresmikan pada 22 Februari 1978. Anda yang mempunyai acara di masjid istiqlal, atau menginap di Hotel dekat Mesjid Istiqlal, jangan ragu untuk mampir untuk wisata religi sekedar menikmati dan mensyukuri kemegahan arsitektur yang telah dibuat F Silaban yang sudah tutup usia pada 14 Mei 1984 di RSPAD Gatot Subroto. [**]
 
 


TULIS KOMENTAR

BERITA TERKAIT