Inilah Tips Sebelum Beli Mobil Bekas

Rabu, 28 Maret 2018 - 17:48:50 WIB
Share Tweet Google +

l

loading...

Metroterkini.com - Saat ini mobil bekas masih mempunyai pasar tersendiri di kalangan konsumen Indonesia. Harga yang lebih murah merupakan salah satu alasan orang mobil bekas ketimbang baru. Namun membeli mobil bekas butuh kejelian dan pengetahuan tentang kondisi kendaraan.

Hal ini untuk menghindari mobil yang kita incar ternyata cacat lantaran bekas mengalami kecelakaan, terendam banjir, atau lainnya. Karena itu teliti sebelum membeli mobil bekas penting dilakukan. Calon pembeli harus belajar memahami bagian-bagian yang harus diperiksa.

DIlansir Okezone, sebelum membeli mobil bekas yang Anda pilih, ada baiknya Anda menyimak beberapa hal dibawah ini agar tidak salah beli serta mendapatkan mobil bekas dengan kondisi yang baik.

Service Record Baik

Mobil dengan service record baik dari bengkel resmi sangat penting saat memilih mobil bekas. Di sini Anda bisa melihat catatan lengkap dari peforma, dan spare part-nya. Apa saja yang sudah diganti dan masih baru. Sebagai catatan, mobil bekas dengan catatan servis yang rutin akan mencerminkan kepribadian pemiliknya dalam merawat mobil.

Jangan Tergiur Dengan Harga Miring

Pastikan sebelum memilih mobil bekas pilihan Anda, untuk tahu harga pasarannya. Hal ini berguna agar jangan tergiur dengan mobil bekas dengan harga miring.

Periksa Aksesoris dan Interior

Saat memilih mobil bekas Anda harus perhatikan kondisi interior mobil beserta aksesorinsnya. Seperti sistem audio, AC, switch lampu, switch wiper, dan fitur-fitur aksesoris yang ada di dalam mobil. Setelah itu cek juga interiornya, dari mulai jok mobil, plafon, karpet dan dashboard mobil. Pastikan semua material dan kondisinya masih terjaga baik dan tidak bau apek.

Periksa Bodi Mobil

Bodi mobil juga sangat penting diperhatikan saat memilih mobil bekas. Mulai dari kap mesin, kaca, bemper, pintu mobil, apakah ada dempulan akibat tabrakan atau tidak. Termasuk juga cat dan rangka mobil, apakah warna cat ada yang belang akibat tabrakan atau tidak.

Kondisi Mesin

Coba untuk nyalakan mesin beberapa saat, dengarkan dengan baik-baik apakah ada suara yang mengganggu selain suara mesin. Suara mesin kasar juga perlu dipertanyakan, cek juga bagian bawah mesin apakah ada kebocoran pada komponen mesin atau tidak.

Dokumen Mobil

Sebelum ketahap terakhir saat memilih mobil bekas. Periksa juga apakah dokumen-dokumen penunjang kelengkapan mobil sudah lengkap atau belum. Dari mulai STNK, BPKB, dan faktur mobil.

Bawa Orang Ahli

Bisa menjadi referensi bagi Anda untuk membawa orang ahli dalam memilih mobil bekas. Pastikan orang tersebut berpengalaman di bidang otomotif jadi mengetahui mesin, dan komponen mobil lainnya. Termasuk juga yang bias memeriksa kelengkapan dokumen mobil.

Asuransi Mobil Bekas

Bagi Anda yang sedang mencari mobil bekas sebagai mobil pertama Anda. Sebaiknya juga harus menggunakan asuransi mobil. Anda bisa membandingkannya dengan perhitungan semakin mahal harga mobil dan semakin tua umurnya, maka harga asuransinya juga semakin murah. Setelah asuransi mobil mana yang lebih dibutuhkan untuk melindungi mobil bekas.

Membandingkan Asuransi Mobil All Risk atau TLO

Mobil bekas atau baru namanya juga ingin memberikan perlindungan yang terbaik bagi kendaraan Anda. Anda juga bisa memilih antara asuransi all-risk atau total loss only (TLO).

Ini yang bisa jadi masukan Anda jika mobil bekas Anda masih di bawah 5 tahun. Lebih baik menggunakan asuransi all-risk untuk meringankan biaya perbaikan, walaupun hanya kerusakan kecil kalau sering-sering Anda juga bisa repot dengan urusan dompet.

Tapi kalau mobil bekas yang Anda beli sudah lewat dari usia 5 tahun, untuk hematnya Anda bisa beralih kejenis asuransi TLO. Kenapa? Karena memiliki biaya premi lebih rendah jadi bias menghemat pengeluaran Anda. Jika mobil bekas Anda sudah melewati masa usia 5 tahun, Anda bisa beralih ke jenis asuransi TLO. Jenis asuransi ini memiliki biaya premi lebih rendah sehingga bisa menghemat pengeluaran Anda.

Apa pun pilihan Anda untuk asuransi all-risk atau TLO penting juga untuk menambah perluasan pertanggungan untuk kondisi yang bersifat bencana seperti banjir, terorisme, sabotase, gempa, hingga pertanggungan pihak ketiga. [oze]

loading...

TULIS KOMENTAR

BERITA TERKAIT