Mau Makan Jengkol? Mampir di Festival Jengkol Indonesia

Jumat, 23 Maret 2018 - 21:30:51 WIB
Share Tweet Google +

Foto Kompas

loading...

Metroterkini.com - Festival Jengkol Indonesia digelar mulai 23-25 Maret 2018 di BTC Mall, Bekasi Timur, Jawa Barat, Jumat (23/3/2018). Para pecinta jengkol sepertinya wajib mampir ke Bekasi akhir pekan ini. 

Ketua Panitia Festival Jengkol Indonesia, Kamila menjelaskan alasan digelarnya festival ini karena Bekasi sendiri merupakan salah satu daerah yang dihuni banyak masyarakat Betawi. 

“Jengkol itu kan sangat dekat dengan menu makanan khas Betawi. Nah, Bekasi juga salah satu daerah yang banyak masyarakat Betawi-nya. Kita optimis jengkol bisa diterima di Bekasi,” kata Kamila kepada KompasTravel saat Festival Jengkol Indonesia di BTC Mall, Bekasi, Jumat (23/3/2018). 

Kamila melanjutkan, dalam festival jengkol kali ini para pengunjung bisa menikmati beragam olahan jengkol. Ada pula lomba masak jengkol dan aneka kuliner non-jengkol. 

Ada sekitar 50 hidangan olahan jengkol yang bisa ditemukan di sini. Antara lain Bistik Jengkol, Katsu Jengkol, Lada Hitam Jengkol, Goreng Mentega Jengkol, Rendang Jengkol, Semur Jengkol, Balado Jengkol, Peyek Jengkol, Somay dan Batagor Jengkol, Jengkol Fantasy dan Burger Jengkol. 

Dari sederet hidangan yang ada, Kamila mengatakan ingin memperkenalkan jengkol yang bisa dikonsumsi siapa saja tanpa rasa bau khas jengkol yang dianggap menyengat. 

“Karena image-nya jengkol itu kan bau, jadi di acara ini kita perkenalkan jengkol dengan berbagai macam menu dan tidak bikin bau. Karena jengkol itu nggak selalu bau,” kata dia. 

Festival ini berlangsung setiap hari mulai pukul 11.00 WIB hingga 18.00 WIB dan tidak dipungut biaya tiket masuk. Harga kuliner olahan jengkol ini pun beragam mulai dari Rp 5.000 hingga Rp 30.000. 

Selanjutnya festival ini rencananya akan kembali digelar di Karawang. Kamila berharap festival jengkol ini bisa melestarikan jengkol sebagai kuliner khas Indonesia. [kmc] 
 

loading...

TULIS KOMENTAR

BERITA TERKAIT