Mobil Dan Pengendara Dibuat Menyatu Dengan GPS

Kamis, 22 Maret 2018 - 18:53:46 WIB
Share Tweet Google +

loading...

Metroterkini.com - Aplikasi Global Positioning System (GPS) di kendaraan tengah menjadi polemik setelah Polri melarang penggunaan GPS dari smartphone khususnya bagi pemotor dengan alasan akan mengganggu konsentrasi dan membahayakan. 

Isu ini semakin hangat diperbincangkan setelah komunitas Toyota Soluna Community (TSC) dan para pelaku driver online, mengajukan uji materi Pasal 106 Ayat (1) dan Pasal 283 UU No. 22 Tahun 2009 Tentang Lalu Lintas dan Jalan Raya ke Makamah Konstitusi (MK). 

Kalau menggunakan GPS dari smartphone dalam mobil bagaimana? Lalu bagaimana kalau satu pabrikan sudah menyediakan GPS dalam mobilnya?

Terlepas dari itu, produsen mobil asal Jerman BMW memastikan GPS tidak hanya sebagai petunjuk arah jalan, namun juga bakal menjadi salah satu fitur yang bisa menghubungkan pengendara dengan mobilnya.

"BMW terus mengembangkan ragam teknologi berbasis digital dan GPS untuk dapat terus memenuhi kebutuhan penggunanya," kata Vice President Corporate Communications BMW Group Indonesia, Jodie O'tania.

"Dimana pengguna akan semakin terhubung dengan kendaraan yang digunakan untuk alasan keamanan, kenyamanan, kepraktisan dan produktivitas. Bukan hanya selama di dalam kendaraan bahkan saat di luar kendaraan diantaranya adalah pengaturan jadwal perjalanan," tambahnya dilansir Detik.

Sebelumnya Jodie juga mengatakan, pengembangan teknologi berbasis GPS masih sangat penting untuk ke depannya.

Terlebih lagi saat dikaitkan dengan kendaraan otonom yang pasti menggunakan teknologi GPS. Hingga saat ini BMW telah mengembangkan beragam fitur semi otonom dan hadir di beberapa kendaraan terbarunya. Berbagai fitur dan teknologi yang memungkinkan pengemudi 'lepas tangan' dari kemudi.

Teknologi ini memanfaatkan komputer onboard yang mendapat kemampuan untuk dapat memeriksa posisi mobil, dan situasi sekitarnya melalui peta digital, sehingga dapat secara akurat menjaga mobil tetap di jalurnya. BMW sangat fokus untuk terus mengembangkan kendaraan semi otonom dan melakukan beragam investasi yang cukup signifikan untuk mendukung hal ini, salah satunya adalah dengan melakukan akuisisi terhadap teknologi navigasi HERE MAPS. [dtk]
 


TULIS KOMENTAR

BERITA TERKAIT