Cara Membuat Gaya Celana Jeans Robek Kekinian

Sabtu, 17 Maret 2018 - 20:39:56 WIB
Share Tweet Google +

loading...

Metroterkini.com - Celana Jeans robek jika di beli mungkin agak mahal, berikut cara mudah bikin celana jeans model robek kekinian. Pilihlah celana jeans yang pas dengan ukuran tubuh Anda. Anda dapat merobek celana jeans apa saja dan mendapatkan hasil yang sama, tetapi Anda tidak harus merobek celana jeans yang telah Anda miliki, karena Anda bisa melakukan penghematan dengan membeli jeans bekas yang murah dan nyaman di toko loak atau pakaian bekas.

Menggunakan jeans yang sudah pernah dipakai dapat memberi hasil yang lebih baik dibandingkan jeans baru, tetapi bukan berarti Anda tidak boleh membeli celana yang baru untuk proyek ini.

jeans berwarna terang hingga medium biasanya memberi hasil yang bagus jika dirobek, karena warnanya memberi tampilan yang lebih "kacau". jeans berwarna gelap akan tampak seperti baru saja dicelup ke dalam pewarna sehingga mungkin tidak terlihat “realistis” jika dirobek.

Kumpulkan bahan-bahannya. Yang Anda butuhkan untuk merobek jeans Anda adalah sehelai celana jeans dan sesuatu yang tajam. Namun, tergantung pada jenis gaya yang Anda inginkan, Anda mungkin ingin menggunakan alat tajam yang tepat untuk pekerjaan tersebut:

Jika Anda ingin membuat lubang yang besar, gunakan gunting, pisau cukur atau pisau yang tajam untuk merobek jeans. Anda juga bisa menggunakan pisau iris merek x-acto (pisau cutter) atau pisau lipat.

Untuk menciptakan tampilan usang, gunakan ampelas, parutan keju, sabut baja, atau batu apung.

Tentukan tempat yang ingin Anda robek. Bentangkan jeans Anda di atas meja, dan gunakan pensil untuk menandai tempat yang ingin Anda robek. Gunakan penggaris untuk menandai panjang yang Anda inginkan. Bayangkan bentuk akhir dan panjangnya serta lebar dari lubang yang Anda inginkan.

Biasanya, kebanyakan orang hanya merobek di area sekitar lutut. Namun, Anda boleh merobek area mana saja di sekitar kaki celana.

Coba dan arahkan sedikit lebih tinggi dari lutut Anda, sehingga robekannya tidak akan bertambah besar ketika Anda berjalan. Setiap kali Anda menekuk lutut, lubangnya akan tersangkut pada lutut sehingga ukurannya bertambah besar.

Jangan membuat robekan yang terlalu tinggi karena pakaian dalam Anda bisa terlihat.

Bentangkan celana jeans di permukaan yang datar. Selipkan sepotong kayu kecil untuk dimasukkan ke dalam kaki celana ketika Anda membuat tampilan usang, sehingga Anda tidak mengubah bagian depan dan bagian belakang sekaligus atau Anda bahkan bisa menggunakan talenan, buku lama atau tumpukan majalah, atau benda apa pun yang tidak Anda gunakan lagi. Tetapi jangan melakukannya di meja dapur, jika Anda menggunakan pisau yang sangat tajam.

Gunakan ampelas untuk menipiskan celana jeans. Sebelum Anda mulai merobek celana jeans, gunakan ampelas atau sabut baja untuk menggosok dan menipiskan titik yang ingin Anda robek. Langkah ini akan membantu mengendurkan serat pada celana jeans dan membuatnya lebih mudah dirobek.

Gunakan berbagai macam alat yang berbeda. Gunakan ampelas, sabut baja, dan batu apung secara bergantian jika Anda punya. Merobek jeans mungkin akan menghabiskan banyak waktu, tergantung pada ketebalan jeans Anda.

Jika Anda lebih suka memotong jeans, teruskan saja. Anda tidak perlu melonggarkannya terlebih dahulu, kecuali jika Anda ingin lobang Anda terlihat berumbai.

Kendurkan serat celana jeans untuk membuat lubang. Jika Anda ingin membuat area berumbai dan tambalan berserabut di celana jeans, gunakan gunting atau pisau untuk menarik benang di area yang baru saja Anda tipiskan. Dengan begitu, serat kain di area tersebut akan mengendur sehingga menampakkan kulit Anda saat dipakai. Tarik semua benang putih yang mencuat dari jeans untuk menambah kesan gaya.

Buatlah lubang dengan pisau atau gunting. Ambil gunting Anda dan potong bagian kecil di dalam area yang Anda buat menjadi usang. Buatlah lubang sekecil mungkin. Anda bisa saja membuatnya lebih besar, tetapi Anda berisiko merusak jeans dan membuatnya tidak bisa dipakai jika lubangnya terlalu besar. Jangan membuat lubang lebih dari 1,5 cm.

Buatlah robekan di seluruh bagian celana, tidah hanya naik dan turun. Hasilnya akan terlihat lebih alami.

Gunakan tangan Anda untuk merobek jeans lebih dalam. Merobek akan memutuskan seratnya, sehingga akan tampak seperti lubang yang nyata. Tarik benangnya sedikit keluar, agar robekannya tampak alami.

Jangan terlalu banyak membuat lubang, karena akan menghasilkan potongan tepi kain yang sangat rapi dan tidak alami.

Atau, Anda juga bisa memotong sebuah lubang yang kecil dan membiarkan lubang itu bertambah besar ketika Anda memakai jeans tersebut. Cara ini akan terlihat lebih alami.

Perkuat jahitan celana jeans, jika Anda mau. Agar ukurannya tidak bertambah besar, perkuat lubang yang Anda buat dengan menjahit sekelilingnya. Gunakan benang berwarna putih atau biru untuk menjahit sekeliling robekan, baik menggunakan tangan atau mesin jahit.

Tips
Mencuci celana jin segera setelah Anda merobeknya akan membuat seratnya semakin mengendur sehingga tampak semakin usang.
Jangan menambahkan robekan terlalu dekat dengan jahitan karena bisa menyebabkan jahitannya terlepas.
Untuk menambah kesan usang, Anda bisa memercikkan larutan pemutih pada jin.
Untuk membuat robekan yang rapi, gunakan jarum jahit untuk menarik jahitan individual pada kain.
Jika Anda seorang pria, jangan merobek terlalu tinggi, karena pakaian dalam Anda bisa terlihat. Sama halnya untuk wanita, jangan memamerkan kulit Anda terlalu banyak dan jangan merobek di dekat celana dalam Anda.
Agar prosesnya lebih cepat, gunakan bata bukan kayu untuk dimasukkan ke dalam kaki celana Anda.

Peringatan
Jangan mencoba merobek atau membuat rumbai pada jin ketika Anda sedang mengenakannya.
Jangan membuat robekan yang terlalu besar di awal. Mencuci celana bisa memperbesar robekan dan rumbai dari lubang yang Anda buat.
Berhati-hatilah ketika menggunakan alat-alat yang tajam. [*wikihow]

loading...

TULIS KOMENTAR

BERITA TERKAIT