Inilah Kehebatan Machine Learning di Google Camera

Jumat, 16 Maret 2018 - 20:32:06 WIB
Share Tweet Google +

loading...

Metroterkini.com - Tak dapat dipungkiri jika saat ini Pixel 2 milik Google merupakan salah satu smartphone dengan hasil kamera terbaik di dunia. Hal ini dapat dilakukan berkat teknologi aplikasi Google Camera milik Google yang superior.

Kabar terbaru mengatakan jika Google sebentar lagi akan membuka kode dari Google Kamera dan akan dirilis ke publik. Tentu saja hal ini merupakan kabar gembira bagi seluruh pengguna Android di seluruh dunia. Namun sebenarnya, seperti apa cara kerja dari aplikasi tersebut?

Seperti diketahui, Google Kamera menggunakan teknologi machine learning dalam menghasilkan gambar terbaik. Model pembelajaran yang mendalam ini bertugas memberi label semantik ke setiap piksel dalam sebuah gambar.

Label simantik ini sendiri nantinya akan digabungkan agar bisa memisahkan objek ke dalam kategori khusus. Kategori inilah yang nantinya dapat membuat sang machine learning untuk membedakan antara jalan, langit, orang, atau anjing, dan bagian mana dari gambar adalah latar belakang atau latar depannya.

Selain itu, machine learning ini juga dapat digunakan sebagai penentu kedalaman gambar dalam Potrait mode. Selain itu, machine learning juga bertugas untuk “menentukan garis besar objek" atau bisa membedakan di mana seseorang berakhir dan latar belakangnya dimulai.

Hal ini memungkinkan Pixel 2 mendapatkan efek bokeh yang sangat baik meski hanya menggunakan satu kamera saja.

Mengutip Okezone dari laman 9to5Google, pihak Google menyatakan jika teknologi ini merupakan teknologi yang hampir mustahil lima tahun lalu. Namun berkat perkembangan hardware, metodologi dan aset data, maka teknologi ini bisa hadir saat ini.

"Kami berharap bahwa secara terbuka berbagi sistem kami dengan masyarakat akan memudahkan kelompok lain di dunia akademis dan industri untuk mereproduksi dan memperbaiki sistem mutakhir, merancang model pada data set baru, dan membayangkan aplikasi baru untuk teknologi ini," jelas pihak Google.

Sekedar informasi, hasil skor kamera yang dimiliki oleh Pixel 2 mendapatkan skor 98 dari situs benchmark kamera kenamaan, DxoMark. Nilai ini mengalahkan hasil skor iPhone X yang memiliki skor 97.

Namun, baru-baru ini Samsung dengan Galaxy S9+ mereka berhasil mencuri posisi pertama dengan raihan skor 99. Namun perlu diingat, Galaxy S9+ memerlukan dua kamera agar bisa mengalahkan kedigdayaan Pixel 2. [oze]

loading...

TULIS KOMENTAR

BERITA TERKAIT