DLHK Pekanbaru Gelar Sosialisasi Nirwasita Tantra

Rabu, 14 Maret 2018 - 21:42:09 WIB
Share Tweet Google +

loading...

Metroterkini.com - Dinas DLHK Kota Pekanbaru Menggelar Acara Sosialisasi Nirwasita Tantra Tahun 2018 Menuju Peningkatan Kualitas Dokumen Imformasi Kinerja Pengelolaan Lingkungan Hidup Kota Pekanbaru, Rabu (14/03). Acara di buka langsung oleh Asisten I Pemko Pekanbaru, Azwan.

Acara ini dihadiri Oleh, DLHK Provinsi Riau, Kepala OPD Pekanbaru, OPD vertikal lingkup Kementrian KLHK, PUPR dan PDAM Tirta Siak.

Nirwasita Tantra adalah penghargaan dari Pemerintah yang diberikan kepada Kepala Daerah atas kepemimpinannya dalam merumuskan dan menerapkan kebijakan, dan/atau program kerja sesuai dengan prinsip metodologi pembangunan berkelanjutan guna memperbaiki kualitas lingkungan hidup di daerahnya.

Penghargaan ini dinilai berdasarkan dokumen Status Lingkungan Hidup Daerah (SLHD), sekarang dokumen SLHD ini berganti menjadi Dokumen Informasi Kinerja Pengelolaan Lingkungan Hidup Daerah (DIKPLHD). Penghargaan Nirwasita Tantra merupakan piala bergilir yang dikompetisikan setiap tahun bagi seluruh daerah.

Acara kali ini adalah memberikan sosialisasi kepada seluruh OPD di Lingkungan Pemko Pekanbaru. Sosialisasi ini juga menerangkan bagaimana cara Kepala OPD dalam melakukan pengelolan sampah dan lingkungan.

"Jadi ada beberapa indikator yang harus diisi, baik data valid serta argumentasinya," ungkap

Nirwasitra Tantra adalah apresiasi atau penghargaan kepada kepala daerah yang mana Kepala Daerah telah mengelola lingkungan hidup dengan baik.

"Kita harus melibatkan akademisi, tokoh-tokoh masyarakat, dan pemuda pemuda. Kalau dengan anggaran terbatas tentu tidak dapat mengatasi dengan sendirinya. Jadi keterlibatan semua pihak disini sangat diperlukan dalam mengatasi lingkungan hidup dengan baik. Karena apabila dikerjakan bersama itu menjadi muda, dari itu kita sangat mendorong agar kepala daerah dan Dinas Lingkungan Hidup agar dapat melibatkan komponen masyarakat untuk mengatasi permasalahan lingkungan hidup," jelasnya Kusdewanto.B.Sc. [Can]

loading...

TULIS KOMENTAR

BERITA TERKAIT