Ini Cara Menghilang Lendir dan Bau Anyir Lele

Ahad, 04 Maret 2018 - 11:11:08 WIB
Share Tweet Google +

loading...

Metroterkini.com - Ikan lele termasuk lauk yang difavoritkan karena dagingnya lembut dan rasanya sangat gurih. Lele bisa dimasak menjadi aneka hidangan yang lezat, dari mulai ikan lele goreng, lele balado, lele kuah santan, lele kremes dan lainnya. 

Sebenarnya masak ikan lele tidaklah sulit, tapi harus diperhatikan bahwa salah langkah akan membuat ikan lele jadi amis dan kurang menarik. Salah satu masalah yang seringkali dihadapi saat mengolah ikan lele adalah lendir yang menempel pada tubuh ikan lele.

Lendir pada tubuh ikan lele tersebut tidak hanya membuat ikan jadi licin dan sulit dibersihkan tapi juga menjadi penyebab ikan jadi amis dan tidak menarik. 

Tapi tidak perlu bingung, karena ada beberapa tips dan cara menghilangkan lender dan bau amis ikan lele. 

Gunakan Tepung Terigu

Agar lender pada tubuh ikan lele bisa hilang, Anda bisa memanfaatkan tepung terigu. Jadi setelah dibersihkan kotorannya dan dibilas hingga bersih, Anda bisa membaluri dengan tepung terigu. Remas-remas ikan hingga kesat, baru kemudian bilas dengan air mengalir.

Air Jeruk Nipis dan Garam
Cara simple lainnya cukup dengan membaluri tubuh ikan lele dengan campuran air jeruk nipis dan garam. Diamkan hingga kurang lebih 10 menit, lalu bilas hingga bersih.

Garam Kasar dan Asam Jawa
Cara lain yang bisa digunakan adalah dengan mencampurkan garam kasar dengan air asam jawa. Balurkan secara merata dan rendam selama kurang lebih 15 menit. Baru kemudian bilas hingga bersih.

Kunyit Bubuk dan Garam
Perpaduan dua bahan ini membuat warna ikan lele menjadi lebih menarik dan teksturnya kesat karena lendirnya hilang. Jika tidka ada bubuk kunyit, Anda bisa menggunakan kunyit segar yang diparut atau dihaluskan.

Goreng langsung setelah dibumbui
Agar lender ikan lele tidak muncul lagi, Anda bisa langsung menggoreng ikan lele hingga matang dan kering kecokelatan.

Semoga informasi diatas dapat bermanfaat bagi kita semua. [***]

loading...

TULIS KOMENTAR

BERITA TERKAIT