Warga Cidahu akan Lestarikan 99 Batu Bersusun

Selasa, 27 Februari 2018 - 11:35:14 WIB
Share Tweet Google +

loading...

Metroterkini.com - Puluhan batu kembali muncul di aliran Sungai Cidahu, Kampung Cibojong, RT 01 RW 01, Desa Jayabakti, Kecamatan Cidahu, Kabupaten Sukabumi, Jabar. Warga memilih untuk melestarikan batu-batu tersebut dan menilainya sebagai sebuah karya seni.

Pada kemunculannya pertama pada awal bulan ini, batu-batu itu sempat dihancurkan oleh Majelis Ulama Indonesia (MUI) dan Muspika Kecamatan Cidahu karena muncul anggapan di media sosial jika batu bersusun itu buatan mistis dan gaib.

"Jumlahnya saat ini memang seperti saat dulu dihancurkan oleh pihak MUI dan Muspika Kecamatan karena dianggap buatan mistis, mungkin saat itu khawatir jadi musyrik akhirnya dihancurkan. Kalau saat ini warga sepenuhnya yakin jika ini buatan manusia," kata Asep Saprudin (40) tokoh masyarakat setempat dikutip detik di lokasi, Selasa (27/2/2018).

Keyakinan warga juga berdasar pada sosok seorang pria masih warga setempat yang diyakini sebagai sosok di balik batu-batu itu. "Ada warga yang melihat dia datang ke sungai, bahkan melihat dia sedang menyusun batu-batu ini pagi tadi pas kita bareng-bareng ke lokasi ini," lanjutnya.

Saat sejumlah awak media mendatangi sungai, memang terlihat seseorang sedang berada di area batu bersusun. Kaget dengan kedatangan warga, orang tersebut langsung lari meninggalkan lokasi.

"Warga mengenalnya, tapi nanti kita pastikan lagi. Untuk saat ini susunan batu tidak akan kita hancurkan, bahkan kalau orang yang tadi memang benar yang membuatnya kalau bisa disalurkan saja bakatnya karena beberapa warga di sini saja mencoba menyusun batu ternyata sulit," tandasnya. [dtk]

loading...

TULIS KOMENTAR

BERITA TERKAIT