Inilah Tanda Anda Mengidap Kista Ovarium

Selasa, 20 Februari 2018 - 13:32:53 WIB
Share Tweet Google +

loading...

Metroterkini.com - Kista dapat tumbuh di ovarium atau indung telur wanita. Kista berbentuk seperti kantung berisi cairan yang dapat membesar. Hal ini sangat umum dan bahkan kadang tanpa gejala, tetapi jika dibiarkan terlalu besar bisa menjadi hal yang serius.

Dikutip Detik dari Women's Health, Selasa (20/2/2018), Taraneh Shirazian, M.D mengungkapkan, "Sebagian besar kista ovarium adalah kista folikel jinak yang datang dan pergi dengan siklus Anda dan tidak memerlukan pengelolaan lebih lanjut."

"Tapi sekitar 20 persen wanita mengalami kista yang tidak sembuh sendiri, dan bisa dioperasi," lanjut ginekolog yang bekerja di NYU Langone Health ini. Fakta ini entah karena mereka memiliki kesempatan menjadi penderita kanker atau gejala mereka hanya kebetulan buruk.

Bagaimanapun, kebanyakan gejala kista ovarium masih tumpang tindih dengan masalah ginekologi lain seperti fibroid uterus dan bahkan PMS (misalnya: kembung dan nyeri panggul). "Siklus Anda datang dan pergi, jadi rasa sakit harus hilang, kan?" kata Shirazian. "Jika tidak, pergilah ke ginekolog dan paling tidak lakukan ultrasound (USG)."

Jika Anda mengalami 6 gejala kista ovarium ini, segera datangi ginekolog secepat mungkin.

1. Anda terus-terusan mengalami nyeri panggul

Gejala umum kista ovarium adalah nyeri panggul, biasanya di bagian bawah kanan atau kiri tepat di mana ovarium terletak. Jika sakit berlanjut dan semakin parah harus segera dibawa ke rumah sakit.

"Anda mungkin merasakannya saat berolahraga, Anda mungkin merasakannya saat Anda aktif secara seksual, tapi akan terasa sakit di tempat tertentu yang konstan dan tetap ada bahkan setelah siklus haid Anda hilang," kata Shirazia.

2. Anda sering merasa "kenyang" atau perut terasa penuh

Seperti fibroid rahim, kista dapat menyebabkan rasa berat di daerah abdomen. Kadang perasaan ini mirip seperti sedang konstipasi, tapi kecuali Anda punya kista di kedua ovarium Anda, sensasi ini hanya terasa di salah satu bagian panggul.

Jika Anda ke kamar mandi secara teratur, tetapi Anda terus merasakan hal ini dalam dua hingga tiga minggu, penting untuk segera menemui dokter untuk mengecek apakah ada kista ovarium di dalam tubuh Anda.

3. Perut Anda membesar tak terkontrol

"Kebanyakan perempuan mengalami kista kurang dari 10 senti, tapi beberapa kista bisa tumbuh sangat besar, bisa hampir seukuran semangka," kata Eloise Chapman-Davis, M.D., seorang ahli onkologi ginekologis di Weill Cornell Medicine, New York.

Bengkak jelas merupakan gejala yang samar, tetapi itu dapat dikaitkan dengan kista ovarium tergantung dari seberapa besar perut Anda. Chapman -Davis menambahkan: "Banyak wanita akan mengira kalau berat badannya naik, tapi sakit perut dan kembung bisa menjadi akibat dari massa yang tumbuh di perut."

Jika beratnya hanya ada di perut Anda, atau Anda tidak bisa menemukan alasan apapun mengapa Anda berat badan Anda bisa naik, itu adalah tanda bahaya.

4. Anda merasa ingin kencing setiap saat

Gejala lain dari kista ovarium yang banyak disebutkan oleh para wanita, menurut Chapman-Davis, adalah rasa ingin kencing tiap saat. Hal ini tidak normal dan membutuhkan kunjungan ke dokter untuk cari tahu penyebabnya.

"Jika kistanya menekan kantung kemih, maka Anda merasa seperti harus buang air kecil," katanya. "Atau pada beberapa wanita, ia merasa ingin kencing lebih sering tapi susah untuk keluar. Ini karena tertutup oleh kista."

5. Sering merasa sakit saat berhubungan intim

Jika pada saat Anda sedang berhubungan seks dan Anda merasakan nyeri di beberapa bagian vagina atau panggul Anda, bisa jadi ini termasuk gejala kista ovarium. "Beberapa kista, ketika mereka menjadi besar, bisa tertinggal di belakang rahim, yaitu berada tepat di dekat leher rahim Anda," kata Chapman-Davis.

"Jadi Anda mungkin merasa sakit dengan penetrasi yang dalam. Endometrioma (kista ovarium yang berhubungan dengan endometriosis) juga dapat menyebabkan rasa sakit saat berhubungan seks, karena letaknya lebih dekat ke serviks," tambahnya.

6. Sakit punggung atau nyeri di kaki

Ruang panggul Anda menyempit ketika kista Anda menjadi terlalu besar, tetapi tergantung letak di mana kistanya. Hal ini bisa menyebabkan nyeri di punggung ataupun di kaki. Chapman-Davis menjelaskan, bahwa kista bisa saja menekan saraf yang berada di area panggul Anda.

Jika dokter Anda tidak dapat menemukan apa penyebab nyeri saraf (sciatica) Anda, bisa jadi ini adalah masalah kista ovarium, tambahnya.

loading...

TULIS KOMENTAR

BERITA TERKAIT