Imlek, Lampion Penuhi Ruas Jalan di Panipahan

Rabu, 14 Februari 2018 - 20:41:27 WIB
Share Tweet Google +

loading...

Metroterkini.com - Kemeriahan perayaan Imlek bagi masyarakat Tionghoa di Panipahan saat ini mulai terlihat, termasuk di Panipahan Kecamatan Pasir Limau Kapas Rokan Hilir Riau. Saat ini berbagai persiapan dalam menyambut Imlek telah dilakukan warga, khususnya hiasan lampion yang menghiasi rumah dan sudut-sudut jalan daerah ini. 

Terlihat, di sejumlah titik jalan sudah terlihat lampion-lampion, seperti di Jalan Bakti menuju pelabuhan kemudian di jalan Bijaksana dan juga di jalan Tenaga. Saat siang hari sepanjang jalan tersebut terlihat warna khas yang memerah, serta saat malam hari terlihat terang dengan ribuan lampion.
 
Salah seorang warga, pemilik kedai kopi Apeng menuturkan, secara rutin setiap tahun warganya membuat lampion saat perayaan imlek. Lampion-lampion itu dipasang dirumah. Selain itu juga disiapkan kue dan perlengkapan lainnya menjelang perayaan imlek yang jatuh pada Jum'at 16 Februaru 2018.

"Setiap tahun selalu kami buat. Selain itu, lampion itu selalu ada dalam setiap perayaan imlek," ujar warga Tionghoa Panipahan.

Pada tahun 2018, menurut masyarakat Tionghoa merupakan tahun anjing tanah, yang dipercayai masyarakat Tionghoa kesuksesan atau kesialan akan silih berganti dalam setiap tahunnya. Semua kecocokan itu sesuai karakteristik shio setiap orangnya. Imlek terhitung dari tanggal 1 hingga 15 kalender Tionghoa.

"Tahun ini atau dikenal dengan tahun anjing tanah menurut masyarakat hidup akan lebih damai dan makmur. "Mudah-mudahan kesalahan yang terjadi di tahun sebelumnya tidak terulang kembali ditahun ini," pungkasnya. 

Menurut pantauan metro terkini di lapangan bukan saja hanya menghias jalan dengan lampion atau menghias rumah. Warga juga terlihat memadati sejumlah salon dan yang ada di Panipahan. [mus]

loading...

TULIS KOMENTAR

BERITA TERKAIT