Rawan Karlahut, Kepala BRG Petakan Daerah Gambut

Ahad, 11 Februari 2018 - 13:50:22 WIB
Share Tweet Google +

Kepala BRG Nazir Foead Pantau Lahan Gambut

loading...

Metroterkini.com - Nazir menambahkan, tahun ini pihaknya memasang 40 alat. Titik pengamatan terbanyak terdapat di Sumatera Selatan, yaitu delapan titik. Riau dan Jambi masing-masing tujuh titik. Hanya ada satu titik pengamatan tinggi muka air lahan gambut di Kalimantan Barat, tujuh lainnya di Kalimantan Tengah. 

"Pemantauan tinggi muka air lahan gambut menjadi penting untuk mengidentifikasi potensi kebakaran Iahan dan hutan. Lahan gambut yang kering menjadi pemicu kebakaran. Pada 2015, kebakaran lahan gambut menimbulkan kerugian triliunan rupiah dan menciptakan bencana asap regional," urainya.

Terkait supervisi pembasahan gambut di lahan konsesi, tahun ini BRG menyiapkan pedoman supervisi. BRG menyambut baik upaya Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan yang telah mengarahkan pemegang konsesi untuk menuntaskan rencana pemulihan.

Pada 2018 mendatang, BRG akan menjalankan supervisi kepada perusahaan dalam kegiatan restorasi gambut. Seluas 1,4 juta hektare areal target restorasi gambut ada di areal konsesi kehutanan dan kebun.

Kegiatan restorasi yang dilakukan BRG bersifat komprehensif dan inklusif, artinya melibatkan semua pihak. "Tidak sekadar membasahi, namun restorasi juga berupaya menjadikan masyarakat sebagai garda depan pengelolaan gambut secara bijak dan pencegahan dini bencana kebakaran gambut," ujarnya.[BB]

loading...

TULIS KOMENTAR

BERITA TERKAIT