Terowongan Terpanjang Akan Tembus Bukit Barisan

Jumat, 09 Februari 2018 - 22:50:13 WIB
Share Tweet Google +

loading...

Metroterkini.com - Presiden Joko Widodo dan Menteri Basuki melakukan Ground Breaking Jalan tol lintas Sumatera Padang- Pekanbaru dengan panjang 253 Km dengan total Anggaran sebesar Rp 78 T. Tampak hadir mendampingi dalam acara yaitu Gubernur Riau, H Arsyadjuliandi Rachman, Jum'at.

Pembangunan jalan Tol Padang-Pekanbaru akan diselesaikan dalam 5 tahap, tahap pertama Padang-Sicincin, tahap kedua Sicincin-Payakumbuh, tahap tiga Payakumbuh Pangkalan, tahap empat Pangkalan-Bangkinang, tahap 5 Bangkinang-Pekanbaru untuk tahap pertama akan dilaksanakan pembangunan jalan tol Padang-Sicincin.

Presiden Jokowi, menyebutkan jalan Tol Padang-Pekanbaru akan memiliki terowongan terpanjang yang akan menembus Bukit Barisan, untuk terowongan saja akan menghabiskan 9 T. 

"Jembatan ini akan membuka akses baik dari Padang-Pekanbaru, ataupun dari Pekanbaru-Padang, mahal biayanya tapi ini akan menggerakkan semua sektor dan dapat dirasakan manfaatnya sampai jangka panjang," kata Jokowi.

Presiden dalam arahan mengharapkan kedua provinsi bertetangga ini dapat bergotong-royong dalam penyelesaian tol ini nantinya.Terpisah, Gubernur Riau Andi Rachman, juga mengucapkan terima kasihnya Presiden, "Ini mimpi menjadi nyata, jalan Tol ini akan menggerakkan ekonomi di kedua Provinsi Riau dan Sumbar".

"Kita harapkan nantiinya jalan tol ini akan menghubungkan antara dua provinsi bertetangga yakni Provinsi Riau dan Sumbar tersebut ditargetkan mulai difungsikan pada tahun 2019 mendatan, tol ini untuk masyarakat," kata Gubernur Riau Andi Rachman. [***]

loading...

TULIS KOMENTAR

BERITA TERKAIT