Marcell: Konser Gratis Dapat Merusak Industri Musik

Jumat, 09 Februari 2018 - 11:45:57 WIB
Share Tweet Google +

loading...

Metroterkini.com - Penyanyi Marcell tidak sepakat jika konser musik digelar secara gratis bagi penonton. Menurut dia, pertunjukan tanpa tiket berbayar dapat merusak industri musik lantaran tidak menumbuhkan budaya apresiasi pertunjukan.

Pendapat ini dilontarkan Marcell saat membahas agenda Konser Akustik Tohpati yang akan digelar di Tangerang Selatan. Marcell bergabung sebagai salah satu penyanyi tamu. Tiket  konser dijual dalam rentang harga Rp150 ribu hingga Rp750 ribu.

"Saya senang dengan keberanian untuk menjual konser dalam kondisi tiket yang tidak murah. Selain kita punya kewajiban untuk memberi pilihan (jenis pertunjukan musik), kalau kita mau tontonan, kita harus punya usaha," ujar Marcell dalam jumpa pers di Kebayoran Baru, Jakarta, dilansir Metrotvnews Kamis 8 Februari 2018.

"Saya sering main di acara musik, yang tidak terlalu mementingkan yang datang berapa, yang juga tidak mementingkan jual tiket berapa dan akhirnya kita masih punya mental, datang konser gratis. Mental ini akan menghancurkan industri. Kita harus timbal balik kalau memang kita mau hiburan bagus. Kita harus keluar usaha," tutur Marcell.

Pria kelahiran 1977 ini juga menilai bahwa konser tunggal akustik Tohpati yang berbayar "tidak murah" bisa sekaligus menjadi sebuah kampanye. Bahwa tawaran konten bagus tidak bisa ditawarkan secara cuma-cuma.

Menonton penampilan musik langsung di panggung dalam situasi nyaman dan audio yang enak, dinilai sebagai salah satu cara sehat menikmati musik. Tiket gratis bisa menurunkan rasa menghargai dari penonton atas upaya musisi dan tim memberikan pertunjukan.

"Sekarang message enggak cuma lagu. Aransemen detil itu juga pesan yang disampaikan. Semoga tak banyak orang yang – bukan saya menghina bisnis, kalau orang terlau banyak mendengar RBT (ring back tone) enggak bagus. Karena kalau dia dengar RBT, musik yang detil enggak penting," tukas Marcell.

Marcell dan Sheila Majid akan menjadi dua penyanyi tamu dalam gelaran konser tunggal akustik Tohpati pada 18 Februari 2018 di Titan Center, Bintaro. Dia dan Tohpati telah terlibat bersama dalam beberapa proyek musik sejak 2003. Hidup, album studio ketiga Marcell sebagai penyanyi solo, diproduksi oleh Tohpati.[Mtv]

loading...

TULIS KOMENTAR

BERITA TERKAIT