Ribuan Wisatawan Siap Nonton Gerhana di Jakarta

Ribuan Wisatawan Siap Nonton Gerhana di Jakarta

Metroterkini.com - Diestimasi, 4.000 wisatawan akan memadati Planetarium Jakarta besok untuk melihat gerhana bulan. Untuk itu, pihak planetarium melakukan beberapa persiapan. 

Fakta itu pun dijelaskan oleh Kepala Bagian Pusat Observatorium dan Planetarium Jakarta, Eko Wahyu Wibowo saat dihubungi detikTravel via telepon telepon, Selasa (30/1/2018). 

Lewat situs resmi Planetarium Jakarta, sebelumnya pihak pengelola suka perjalanan untuk mendaftar secara online lebih dulu lagi ingin melihat gerhana bulan di sana.

"Kemarin memang kita menyebarkan brosur untuk pendaftaran Dikemas kita ingin membuat perhitungan kita harus menyediakan astronomnya berapa, alatnya berapa Tapi pada prinsipnya, mereka datang langsung juga boleh. Sebab nanti pada pukul 17.00 akan kita data untuk pemakaian teleskop," kata Eko. 

Dijelaskan lebih lanjut oleh Eko, dari data pendaftaran online diketahui sudah ada sekitar 4.000 lebih wisatawan yang berminat untuk melihat gerhana bulan besok di Planetarium Jakarta. Lantas bagaimana kesiapan pengelola?

"Sekarang penuh sudah di atas 4.000, jadi kami yang tadinya siap 22 astronom kita siapkan 37 astronom. Bagaimana kami menyiapkan komunitas astronomi, kemudian juga teleskop yang tadinya kami siapkan 11 sekarang kami siapkan 16, ingat data yang kami terima seperti itu," jelas Eko. . 

Lebih lanjut, nanti akan ada 1 komunitas astronomi dari Asosiasi Himpunan Astronomi Amatir Jakarta (AHAAJ) yang berada di bawah pembinaan Planetarium Jakarta. 

"Mereka kita libatkan, ada sekitar 30 orang di samping astronom kita yang ada 7 orang," tutup Eko seperti dilansir detiktravel. 

Rencananya, acara nonton gerhana bulan langka di Planetarium Jakarta akan dimulai pukul 17.00 WIB. Acara pengamatan gerhana akan didahului lebih dulu dengan sholat gerhana. [**]
 

Berita Lainnya

Index