Inilah Bahan Kimia Produk Kecantikan yang Membunuh

Sabtu, 27 Januari 2018 - 01:05:04 WIB
Share Tweet Google +

loading...

Metroterkini.com - Tak satu pun dari kita makan bahan beracun dengan sengaja. Itu karena apa yang Anda masukkan ke dalam tubuh Anda mempengaruhi apa yang terjadi di dalam tubuh Anda. Hal yang sama berlaku untuk apa yang Anda pakai pada tubuh Anda setiap harinya.

Meski demikian, banyak produk kecantikan sebenarnya cukup berbahaya. Dan tanpa mengetahuinya, wanita terus menggunakan produk beracun setiap hari. Teruslah membaca untuk mencari tahu apakah Anda adalah tas makeup sebenarnya adalah penyimpan produk kecantikan yang berpotensi berbahaya.

Produk Kecantikan Kulit
Kulit Anda adalah organ tubuh terbesar Anda, dan menyerap apa pun yang Anda pakai di atasnya. Anda bisa memikirkan kulit Anda seperti perut kedua. Ini benar-benar memakan apa pun yang Anda makan itu. Tapi ada perbedaan besar antara perut dan kulit Anda.

Bahan-bahan produk kecantikan bisa berupa karsinogen, neurotoksin dan racun reproduksi. Namun sayangnya produk yang memang dimaksudkan untuk meningkatkan kecantikan alami dan membuat Anda tetap segar dan bersih berpotensi membahayakan diri Anda.

Beberapa bahan beracun dalam produk kecantikan yang bisa kita ditemukan adalah:

Triclosan :
Di satu sisi, triclosan tampak seperti bahan kimia yang masuk akal untuk ditambahkan ke produk kosmetik. Bagaimanapun, ini membantu mencegah pertumbuhan bakteri.

Bahan kimia tersebut bisa menimbulkan masalah kesehatan seperti reproduksi dan tiroid.

Bahan tersebut terkandung dalam produk seperti: pasta gigi, produk pemutih gigi, produk cukur, kosmetik warna, deodoran, antiperspirant dan sabun antibakteri.

Toluene :
Bahan kimia beracun ini dapat menyebabkan sakit kepala ringan dan kulit pecah-pecah, namun ada kemungkinan bahwa dengan pemaparan yang konsisten, hal itu dapat menyebabkan toksisitas reproduksi. Dimana toluena ditemukan? Ini terkandung dalam produk cat kuku dan perawatan.

Parabens :
Sebuah studi dari Universitas Reading di Inggris menemukan bahwa 99% peserta kanker payudara memiliki akumulasi bahan kimia, paraben, dalam tumor mereka.

Paraben terkandung dalam deodoran semprot, krim wajah, shampo, conditioner, lotion, cuci shower, dan pasta gigi.

Memimpin :
Logam berat beracun ini dapat menyebabkan kerusakan pada sistem saraf dan ginjal Anda. Meskipun demikian, timbal hadir pada 60 persen lipstik yang diperiksa oleh FDA (Federal Food and Drug Administration). 

Menurut Campaign for Safe Cosmetics , lipstik ini berasal dari merek populer, seperti Revlon, L'Oreal dan Maybelline.

Formaldehid, kita cenderung memikirkan katak lab dan eksperimen ilmiah lainnya. Tapi ternyata formaldehida itu adalah ramuan umum dalam produk rambut, termasuk warna, relaxer, serta sampo dan kondisioner. Mengapa ini menjadi masalah? Fermaldehyde diklasifikasikan secara internasional sebagai karsinogen.

Seperti yang Anda lihat, bahan kimia beracun seperti timbal, formaldehid, paraben dan triklosan hadir dalam banyak produk yang Anda gunakan setiap hari. Sebelum kita meninggalkan kamar mandi, biasanya kita menggunakan sampo, kondisioner, beberapa produk rambut, deodoran, serum, krim dan lotion, dan itu semua Anda lakukan sebelum menambahkan make up pada wajah.

Saran untuk anda agar menggantikan semua produk kulit dan kecantikan yang mengandung bahan kimia seperti diatas. Tapi jika Anda ingin terhindar dari bahan kimia ini,  berikut ada beberapa saran agar keterpaparan Anda bisa diminimalisir.

Pertama cari tahu kandungan bahan kosmetik yang ingin anda gunakan, jangan tertarik dengan iklan produksi kecantikan, batasi menggunakan produk tertentu. Terus kurangi penggunaan lipstik dengan banyak warna dan model dan Anda bisa mencari produk bibir alami.

Demikian, semoga bermanfaat !
 


TULIS KOMENTAR

BERITA TERKAIT