Polisi Cek TKP Pembuangan Limbah Terkontaminasi B3

Rabu, 24 Januari 2018 - 20:44:40 WIB
Share Tweet Google +

Metroterkini.com – Kapolres Karawang AKBP Hendy F. Kurniawan melakukan pengecekan ke lokasi pembuangan limbah B3 yang mengandung Poly Aluminium clorid dan coustic soda di Desa Tamansari, Kecamatan Pangkalan, Kabupaten Karawang, Jawa Barat, Selasa (23/1/2018).

Kapolres datang didampingi Wakapolres Karawang, Kapolsek Pangkalan dan Kasubbag Dalops Polres Karawang. Dari hasil pengecekan telah ditemukan lagi bongkahan caustic soda. Selanjutnya barang bukti temuan baru tersebut diamankan untuk dilakukan uji lab forensik.

Menurut Kapolres, hingga saat ini pihaknya belum menetapkan tersangka kasus pembuangan karung bekas limbah yang diduga dibuang ke Karawang dari Palembang sebanyak 78 ton, diangkut menggunakan 5 unit truk fuso.

Pasalnya, untuk menetapkan tersangka polisi masih menunggu hasil laboratorium untuk mengetahui kandungan limbah. Polisi sudah memeriksa belasan orang terkait karung limbah yang mencemari sungai Cibeet dan Citarum ini.

“Kami profesional saja manangani kasus ini tidak harus buru-buru, ikuti saja tahapannya hingga selesai nanti. Apalagi kasus ini cukup unik karena kami harus melibatkan instansi lain untuk kepentingan pemeriksaan. Misalnya dari dinas lingkungan hidup, malah dari Kementerian LHK datang langsung ke lokasi. Nanti kita akan bekerja sama untuk mengungkap kasus ini," ujar Hendy, Selasa (23/1/2018).

Kendati demikian, lanjut Kapolres, penyidik sudah bisa menduga pelaku yang bertanggung jawab dalam kasus ini, namun untuk kebutuhan pemeriksaan masih dibutuhkan alat bukti pendukung lainnya.

Sejauh ini polisi sudah memeriksa saksi kunci NN yang merupakan pengusaha di Bekasi. 78 ton karung itui awalnya akan dibawa ke Bekasi. Namun SN selaku pengirim mengirimkan ke rekannya yakni NN di Karawang.

"NN warga Bekasi yang punya perusahaan di Karawang. Seharusnya truk itu ke Cikarang, Bekasi, namun diantarkan ke Karawang dengan alasan lokasi perusahaan NN lebih dekat ke sungai Citarum," pungkasnya. [sjah]

loading...

loading...

TULIS KOMENTAR

BERITA TERKAIT