Ini Resiko Menggunakan Smartphone Layar Pecah

Selasa, 23 Januari 2018 - 22:50:02 WIB
Share Tweet Google +

loading...

Metroterkini.com - Bagi sebagian orang, layar smartphone pecah tampaknya bukan hal yang serius. Tak jarang, beberapa orang masih menggunakan smartphone mereka meskipun layarnya sudah pecah dan tidak layak digunakan. Mungkin faktor keuangan menjadi alasan utama kenapa banyak orang malas untuk membetulkan layar smartphone atau beli smartphone baru.

Padahal layar smartphone yang pecah tidak baik bagi pengguna. Selain tidak nyaman digunakan. Layar smartphone yang pecah juga berdampak buruk terhadap kesehatan penggunanya. Jika kamu merupakan salah satu orang yang masih setia dengan smartphone layar pecah, maka ulasan tentang 5 bahaya menggunakan smartphone dengan layar pecah ini wajib kamu simak. Cekidot!

1. Risiko Pada Mata

Menggunakan smartphone dengan layar normal terlalu sering saja bisa merusak kesehatan mata, apalagi jika smartphone yang digunakan memiliki layar pecah. Smartphone dengan layar pecah secara tidak langsung mengganggu kesehatan mata kamu, sebab mata akan dipaksa untuk bekerja lebih keras agar bisa melihat objek yang ada di layar smartphone dengan jelas. Jika hal seperti ini dilakukan secara berkala atau rutin, alhasil mata kamu bisa mengalami kerusakan yang cukup fatal.

2. Radiasi Lebih Besar
Seperti yang kita ketahui, smartphone mampu menghantarkan radiasi yang berbahaya untuk kesehatan. Kabar buruknya, radiasi ini bisa jadi lebih besar dan berbahaya jika smartphone yang digunakan memiliki layar pecah.

Menurut International Agency for Research and Cancer (IARC), smartphone layar pecah ternyata lebih berbahaya dan berdampak lebih buruk pada kesehatan ketimbang smartphone dengan layar normal. Untuk itu, kamu harus lebih berhati-hati dalam menggunakan smartphone layar pecah.

3. Kehilangan Proteksi Atau Lebih Rentan

Selain untuk menampilkan gambar atau objek, layar smartphone juga berfungsi sebagai pelindung bagi komponen-komponen di dalamnya. Sehingga jika layar smartphone kamu retak atau pecah, komponen lain yang ada di dalamnya akan kehilangan proteksi atau lebih rentan untuk mengalami kerusakan.

Salah satu kasus yang paling umum adalah smartphone kemasukan air yang masuk lewat retakan layar dan menyebabkan komponen di dalamnya rusak. Jika sudah seperti ini, membeli smartphone baru merupakan solusi utama.

4. Risiko Melukai Jari
Selain buruk untuk kesehatan mata dan berbahaya karena paparan radiasi, smartphone dengan layar yang pecah juga meningkatkan risiko jari terluka. Terlebih lagi, jika retakan smartphone tersebut lancip dan berkumpul di sebagian area layar.

Jika kamu merupakan tipe yang teledor atau hardcore gamer yang cenderung tidak peduli dengan segala hal, maka kamu wajib hati-hati. Jangan sampai jari kamu menjadi korban 'keganasan' layar smartphone yang pecah.

5. Penurunan Fungsi Layar Sentuh
Sudah menjadi hal yang wajar jika layar pecah pada smartphone menyebabkan fungsi dari layar sentuh pada smartphone tersebut menjadi menurun. Lama-kelamaan seluruh area layar smartphone, termasuk yang tidak retak atau pecah, juga akan mengalami penurunan fungsi hingga pada akhirnya seluruh layar menjadi tidak berfungsi lagi. Selain itu, kebiasaan umum seperti menggunakan smartphone terlalu kasar dan menyimpan smartphone di saku yang sempit juga memperbesarkan risiko penurunan fungsi layar. [***]

loading...

TULIS KOMENTAR

BERITA TERKAIT