Jalan PT SIR, Jarak Pekanbaru-Perawang 30 Menit

Selasa, 16 Januari 2018 - 16:22:01 WIB
Share Tweet Instagram

Metroterkini.com - Gubernur Riau Arsyadjuliandi Rachman tinjau jalan lintas Pekanbaru-Perawang, Siak. Jalan lintas melalui Okura Rumbai dan perkebunan PT SIR ini nantinya akan dijadikan jalan lintas bagi dari ibu kota provinsi menuju Siak dan kawasan Pesisir lainnya. 

Saat ini sebagian besar jalan lintas terutama di Kelurahan Okura Rumbai sudah dalam kondisi beraspal. Kecuali jalan yang ada di kawasan perkebunan PT SIR yang sedang dalam penimbunan. 

Jalan perkebunan yang masuk dalam kawasan Hak Guna Usaha (HGU) PT SIR tersebut kini sudah diserahkan ke Pemerintah Provinsi Riau, dan akan direalisasikan melalui nota kesepakatan yang akan ditandatangani pada Jumat nanti. 

"Kita ucapkan terima kasih pada PT SIR yang telah mau menyerahkan sebagian lahannya untuk jalan lintas yang nantinya kita akan bangun. Jumat nanti rencananya kita akan tindaklanjuti melalui MoU," kata Gubernur Riau yang akrab disapa And Rachman, Selasa (16/1/18). 

Menurut Andi, jalan sudah bisa direalisasikan menjadi jalan lintas umum, maka jarak Rumbai Pekanbaru ke Perawang Siak sudah bisa ditempuh hanya dengan jarak 30 menit saja. 

"Kalau jalan ini sudah selesai nanti tentu jarak tempuh sudah semakin singkat," ungkap Andi kepada riauterkini.com. 

Sementara Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Provinsi Riau Dadang Eko Purwanto, pekerjaan penimbunan jalan yang ada di kawasan perkebunan PT SIR terus dilakukan. 

Kemudian jalan lintas yang hanya dipergunakan oleh pihak perkebunan dan masyarakat sekitar ini nantinya akan diperlebar. Jika tidak ada aral melintang jalan lintas ini yang ada kawasan perkebunan PT SIR ini sudah fungsional dengan kondisi pengerasan dan akan dilanjutkan pengaspalannya pada tahun berikutnya lagi. 

"2019 itu masih lanjutan pengerasan jalan. Nanti pengaspalannya insya Allah bari ditahun beriktunya," ujar Dadang. [**]


TULIS KOMENTAR

BERITA TERKAIT