Israel Bangun 1.100 Permukiman Ilegal di Tepi Barat

Kamis, 11 Januari 2018 - 21:06:45 WIB
Share Tweet Google +

loading...

Metroterkini.com - Israel dilaporkan sudah menyetujui pembangunan 1.100 permukiman ilegal baru di kawasan Tepi Barat.

Hagit Ofran dari organisasi non-pemerintah Peace Now, mengatakan kepada AFP, pembangunan permukiman itu disetujui oleh Kementerian Pertahanan pada Rabu (10/1).

Dia mengatakan, pemerintah baru mengeluarkan izin final untuk pembangunan 352 rumah, sementara sisanya baru memasuki proses perizinan awal.

Menurut Ofran, pemerintah mengizinkan pembangunan permukiman baru ini untuk menutup kemungkinan perundingan perdamaian dengan Palestina.

"Ini adalah bagian dari tren umum pemerintah, yaitu untuk melakukan pembangunan di seluruh Tepi Barat, lebih banyak lagi di daerah yang harus dikuasai Israel. Dengan demikian, kemungkinan solusi dua-negara akan terhapus," ucap Ofran.

Permukiman ini memang dianggap sebagai salah satu ganjalan besar dalam proses perdamaian antara kedua negara karena dibangun di tanah yang diidamkan menjadi tanah Palestina saat merdeka kelak.

Hukum internasional pun menetapkan bahwa pembangunan permukiman di wilayah Tepi Barat ini sebagai tindakan ilegal.

Pembangunan permukiman ini pun dikritik keras oleh mantan presiden Barack Obama, meski Amerika Serikat adalah sekutu Israel.

Namun, sikap AS berubah. Di bawah kepemimpinan Presiden Donald Trump, AS tak pernah berkomentar mengenai pembangunan permukiman ini. [cnn]
 

loading...

TULIS KOMENTAR

BERITA TERKAIT